Pandemi, IKM Banting Setir Lirik Usaha Lain di Tabanan

81

TABANAN -Pantaubali.com -Dalam kondisi Pandemi membuat beberapa sektor usaha maupun ekonomi ikut berpengaruh.Selain itu juga membuat pelaku di indutri kecil menengah di Kabupaten Tabanan turut terdampak menyebabkan, para pelaku dibidang indutri beralih ke unit usaha lain.

“Pelaku industri sangat-sangat terpukul saat ini dan ada juga IKM Tabanan masih bertahan, mandeg serta ada sampai banting setir mengambil usaha lain.Salah satu penyebabnya ya,Covid19 ini dimana IKM yang dulunya exportir kerajinan sandang misalnya tidak bisa export lagi,” jelas, Kasi Aneka Industri Dinas Perindutrian dan Perdagaan Kabupaten Tabanan,Gede Sukaja saat dikonfirmasi belum lama ini di Tabanan.

Jika dilihat dalam kondisi saat ini, industri yang kiranya masih mampu bergeliat salah satunya di bidang industri olahan pangan saja di Tabanan.

“Industri yang masih bertahan saat pandemi ini, yang bergerak di bidang indutri olahan hasil pertanian saja,” ucapnya.

Jika dilihat dari total jumlah pelaku dibidang industri sebanyak 900 di Tabanan dari jumlah tersebut kurang lebih setengah terdampak akibat Pandemi.

“Menurut pendataan IKM formal dan informal untuk 2019 akhir, jumlah IKM di Tabanan tercatat sebanyak 900an dan mungkin akan lebih banyak lagi yang tidak sempat kami data atau melaporkan dirinya.Jadi yang terpuruk bisa dikatakan kurang lebih setengahnya dari total jumlah tersebut,” paparnya.

Melihat kondisi saat ini tentu tidak bisa diprediksi kapan kiranya para pelaku industri di Tabanan akan mampu bergeliat normal kembali meskipun demikian harus tetap optimis menghadapinya.

“Kalau nanya waktu, ya kami tidak tahu berapa lama kondisinya akan seperti ini.Meskipun demikian,optimis jika IKM yang mau belajar hal-hal baru dan yang bisa di lakukan saat pandemi untuk mendapatkan tambahan-tambahan penghasilan tentunakan mampu tetap bergeliat,” jelasnya.

Baca Juga:  Tabanan, Bersiap Gelar Vaksin Tahap II di Tiga Desa Ini

Meskipun dalam kondisi keterpurukan ini,tentu langkah-langlah strategis telah dilakukan Pemerintah Tabanan dalam upaya memotifasi para pelaku usaha di industri kecil agar mampu bergeliat lagi saat ini maupun yang akan datang.

“Saya selaku kasi Aneka Industri selalu memberikan motivasi, pendampingan, baik dengan media online maupun kunjungan langsung ke lapangan,” katanya

Selain itu Dirinya juga menambahkan, telah membuatkan group IKM Perindag Tabanan dan selalu memberikan info-info pembelajaran lewat zoom meeting (daring).

“Sekarang saya mengajak para petani-petani baru berbudidaya Nilam karena, masih banyak peluang mendapatkan rupiah,”tutupnya.