Padamkan Api Di Puncak Gunung Dengan cara Manual ” Wabup Apresiasi Kesigapan Masyarakat “

0
Masyarakat berkumpul di area Pura Batukaru

TABANAN – Pantaubali.com – Senin malam pada pukul 21.30 wita masyarakat di sekitar lereng Gunung Batukaru heboh dengan suara pentungan yang menandakan terjadi sebuah peristiwa atau kejadian di wilayah tersebut.Kehebohan masyarakat di sekitar Gunung Batukaru terjadi karena informasi,kebakaran di puncak Gunung Batu Karu sejak pukul 21.30 wita yang hampir bisa terlihat dari sebagian wilayah di Kabupaten Tabanan.

Masyarakat memperkirakan titik api berada di barat daya Pura Puncak Kedaton,Yang terdapat tanaman Paku Emas ( tanaman hutan ) yang lapuk dan cenderung kering,sehingga menjadi salah satu penyebab kebakaran di puncak Gunung Batukaru Malam ini.

Dari Data yang berhasil kami himpun di lokasi kejadian,Terdapat sejumlah kelompok yang berasal dari beberapa kecamatan di sekitar gunung,sudah bergegas untuk mendaki dan melakukan pemadaman api secara manual,karena tim pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau api yang terjadi di puncak Gunung Batukaru,sampai akhirnya api berhasil di padamkan secara manual oleh masyarakat yang naik ke puncak Gunung pada pukul 01.30 wita dini hari.

Wabup Sanjaya Berkomunikasi Dengan Masyarakat Di Atas Gunung

Dalam peristiwa kebakaran di puncak Gunung Batukaru Pada Senin malam 12/08/2019 langsung di pantau oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, beserta Sekda dan Camat Pebenel yang berkumpul di area Pura Luhur Batukaru.

Wabup sanjaya juga sempat melakukan komunikasi menggunakan HT komunikasi orari kabupaten tabanan,dari Pura Batukaru untuk langsung mengetahui dimana titik api dalam peristiwa tersebut,dengan masyarakat yang sudah berada di puncak gunung untuk melakukann pemadaman api secara manual.

Setelah api berhasil dipadamkan empat jam kemudian sejak pukul 21.30 wita sampai 01.30 wita Oleh masyarakat yang berada di puncak gunung,di laporkan jika titik api terdapat di barat daya Pura Puncak Kedaton,tepatnya di tanaman Paku emas ( tanaman hutan ) seluas Tiga are atau tiga ratus meter persegi.

Baca Juga:  Jelang Galungan,"TEMPUR" Bertempur Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19 di Pupuan

Untuk penanganan yang cepat ini Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya Memberi apresiasi penuh kepada masyarakat sekitar gunung,yang secara cepat melakukan penanganan,meski hanya menggunakan cara manual untuk memadamkan api.

Wabup Sanjaya Pantau Langsung Uapaya Pemadaman Api Di Puncak Gunung Batukaru

“ Saya merasa bangga dengan kesigapan masyarat untuk menangani kebakaran di puncak gunung malam ini “ mewakili pemerintah Kabupaten Tabanan terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada masyarakat,karena dalam pantauan saya langsung di area Pura Batukaru malam ini,masyarakat berhasil memadamkan api dengan cara manual,sehingga api tidak meluas lagi dan Pura Puncak kedaton yang ada di dekat titik api juga di pastikan aman,jelas Wabup Sanjaya saat di temui di lokasi berkumpul Tim penanggulangan bencana dan masyarakat penebel malam ini.