Ny. Putri Koster Dorong Sinergitas dan Pergerakan TP PKK

3

DENPASAR – Pantaubali.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster terus mendorong terciptanya sinergitas yang baik mulai dari PKK tingkat Provinsi, Kabupaten/kota, Kecamatan, Desa hingga Dasa Wisma. Tidak hanya itu, Ny. Putri Koster juga mendorong agar TP PKK terus bergerak di tengah masyarakat melalui program kerja nyata yang hasilnya dapat dirasakan langsung dan memberi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Ny. Putri Koster saat menjadi salah satu narasumber dalam acara ‘Perempuan Bali Bicara” di Studio Bali TV, Denpasar, Jumat (21/1).

Lebih jauh wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menyampaikan sebagai organisasi yang terstruktur dari tingkat pusat hingga Dasa Wiswa, sinergitas memegang peran yang sangat penting sehingga program kerja dapat terlaksana dengan baik dan bersama-sama mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Sinergitas dapat diibaratkan dengan sapu lidi. Ketika bersatu maka dapat berfungsi dan melakukan sesuatu dengan baik, tetapi sebaliknya jika sendiri maka tujuan tidak tercapai. Untuk itu, kita samakan gerak langkah, pemahaman sehingga tujuan bersama akan tercapai,” ujarnya.

Pada bagian lain, pendamping Orang Nomor Satu di Bali ini juga mendorong terus pergerakan PKK di tengah masyarakat yang disesuaikan dengan perkembangan serta kebutuhan masyarakat. PKK diharapkan bisa menyusun program kerja yang realistis dan hasilnya nyata sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.

“Kita harus bisa menemukan cara-cara yang inovatif dan sesuai dinamika dan kebutuhan masyarakat, PKK tidak membuat program awang-awang. Kita lakukan hal kecil dengan ketulusan hati sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Pada acara yang juga menghadirkan Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem Ny. Nuruasih Gede Dana dan Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba, wanita multi talenta ini juga menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini program PKK difokuskan pada dua hal, yaitu sosialisasi dan aksi sosial. Sosialisasi yang dilakukan baik terkait program PKK maupun kebijakan pemerintah melalui media baik media cetak maupun elektronik.

Baca Juga:  Kementerian Pertahanan RI Selenggarakan Sosialisasi dan Diseminasi PKBN Lingkup Pendidikan di Provinsi Bali

Ditambahkannya, kegiatan aksi sosial juga dilakukan TP PKK di tahun 2022 ini, yang salah satunya adalah dengan menggelar Pasar Rakyat yang untuk pertama kalinya sudah dilaksanakan di Kabupaten Jembrana, dan nantinya akan dilaksanakan secara bergilir di seluruh kabupaten / kota se-Bali. Kegiatan Pasar Rakyat yang menjual produk hasil pertanian, kuliner serta kerajinan daerah setempat telah terbukti memberi dampak positif bagi pergerakan ekonomi masyarakat .

“Konsep kita pada Pasar Rakyat adalah ‘Terima Kasih” dimana kita membeli hasil pertanian dan kuliner dari masyarakat lalu setelah itu kita berikan/kasih hasil yg kita terima dari pembelian yang kita lakukan kepada 100 masyarakat sekitar. Mari kita bergerak bersama , kalau semua bergerak, bersinergi maka semua tujuan kita bersama akan dapat terwujud, “pintanya. (Rilis)