Napi Lapas Tabanan Bersihkan sampah Dan Tata Areal Sekolah

3
Warga Binaan Lapas Tabanan

Tabanan – Pantaubali.com – Nara pidana yang identik mendekam dibalik jeruji besi,hari ini sangat terlihat beda,ketika Sejumlah Napi malah berada di luar lingkungan lapas ataupun berada di balik jeruji besi rumah tahanan.

Hal itu yang dilakukan oleh Napi Lapas Kelas IIB Tabanan dengan menggelar bakti sosial ke sekolah. Yakni dengan kegiatan pembersihan sampah dan penataan areal SD Negeri 3 Dajan Peken, Tabanan.

Kalapas Tabanan I Putu Murdiana menjelaskan sebanyak 20 orang narapidana dan beberapa pegawai lapas Tabanan yang mengikuti pengabdian kepada masyarakat dengan datang ke SD Negeri 3 Dajan Peken. Ini sebagai wujud nyata partisipasi narapidana untuk turut serta dalam pembangunan di dalam masyarakat.

“Kegiatan bakti sosila ke sekolah juga dalam menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kemenkumham tahun 2018,” kata Kalapas Tabanan.

Murdiana menambahkan mengapa SD Negeri 3 Dajan Peken, yang dipilih, karena kondisi kebersihannya yang sangat memprihatinkan, penuh dengan sampah dan semak belukar. Seperti sekolah tidak terurus. Kemudian lokasi SD sangat dekat dengan lapas.

Sehingga dapat melakukan pemantuan keamanan bagi napi. Tak hanya itu bakti sosial tidak harus dengan bantuan atau donasi. Tetapi juga dapat dilakukan dengan kegiatan yang positif seperti ini.

“Kami tidak hanya lakukan pembersihan sampah tetapi juga gontong royong dalam hal perbaiki ruangan belajar siswa. Selanjutnya kegiatan bakti sosial juga akan menyasar sekolah lainnya yang ada di Tabanan,” tandasnya.

Baca Juga:  Bermaksud Menyalip, Avanza Tabrak Truck di Selbar