Musim Penghujan Dihimbau Nelayan di Pesisir Tabanan Waspada

16

TABANAN – Pantaubali.com -Sempat adanya himbauan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan I Ketut Sadam Artana Yasa belum lama ini di Tabanan terkait agar para nelayan bisa lebih berhati-hati melakukan aktifitas melaut.

Karena,diperkirakan perairan sedang berada dalam ancaman La Nina di laut bagian selatan.Hal tersebut disebabkan dari dampak dari La Nina yang berpotensi menimbulkan angin kencang, gelombang tinggi, dan curah hujan secara tiba-tiba.

Terkait hal tersebut menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tabanan,I Gusti Ngurah Made Sucita saat dikonfirmasi,Sabtu,(10/10) di Tabanan menyampaikan,untuk kesiapan menghadapi musim penghujan di bulan ini secara umum BPBD Tabanan telah membuat surat himbauan ke masyarakat melalui camat temasuk OPD terkait.

Kemudian terkait kewaspadan nelayan dalam beraktifitas di laut Dirinya menyembutkan, akan segera membuat himbauan melalui kelompok nelayan.

“Segera akan kita buat surat himbauan melalui semua kelompok nelayan yang ada di sepanjang pesisir wilayah Tabanan dan instansi terkait,” jelasnya.

Sesuai info dari BMKG memang bulan ini sudah mulai masuk ke musim penghujan dengan kemungkinan curah hujan akan melebihi kapasitas biasa. Selain itu juga musim hujan saat ini biasanya disertai fenomena alam ikutan lainnya seperti angin kencang atau gelombang laut meninggi.Sembari Sucita menambahkan,untuk kesiagaan tehadap personil tentu tetap siaga termasuk pada peralatan juga jika seandainya sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera diatasi dengan segera.

Baca Juga:  PDDS Tabanan, Optimis Beras Tabanan Mampu Diserap Pasar