Musim Penghujan, Ancaman Tanah Longsor Berpotensi di Tabanan

11

TABANAN – Pantaubali.com – Masuk musim penghujan di tahun ini menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tabanan,I Gusti Ngurah Made Sucita saat dikonfirmasi,Kamis,(1/10) di Tabanan menyampaikan,hampir semua wilayah di Tabanan memiliki potensi tanah longsor.

Melihat kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Tabanan telah menurunkan surat ketengah masyarakat melalui Kecamatan agar masyarakat lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan saat ini maupun kedepan.

“Hampir semua wilayah di Kabupaten Tabanan memiliki potensi, akan tetapi berbeda-beda di masing-masing Kecamatanya, adapun Kecamatan mempunyai potensi tinggi mulai di Kecamatan Baturiti,Pupuan,Penebel dan Selemadeg Tabanan,” jelasnya.

Agar penanganan bisa lebih cepat bisa diatasi, tentu kesiapan personil dan alat sangat penting diperhatikan.

“Terkait kesiapan alat, kami juga telah tembuskan surat ke OPD.Hal tersebut dilakukan agar bisa selalu siaga, baik personil maupun peralatan seandainya terjadi bencana agar bisa segera dikerahkan ke lokasi kejadian dengan sesegera mungkin,” paparnya.

Dalam penanganan di lapangan khususnya memang masih ada saja kendala ditemui misalnya, terjadi keterlambat sampai di lokasi bencana karena jangkauan agak jauh dari alat.

“Ya, ada kendala masih ditemui,contohnya jika menuju ke daerah di wilayah Pupuan mebawa alat berat.Dikarenakan jangkauan serta melihat kepadatan lalin tentu akhirnya menyebabkan keterlambatan sampai di lokasi,” sampainya.

Sembari Sucitamenambahkan,jika dilihat dari titik potensi rawan sama sekali tidak ada penambahan jumlah setiap tahun di Tabanan.Jadi masih tetap titiknya sampai saat ini.

Baca Juga:  PPKM level 4,32 Personel Gabungan Turun Sasar Tiga Pasar Tradisional di Tabanan