Momen Sumpah Pemuda, Bupati Sanjaya Pimpin Pemasangan Patung Bung Karno

4

 

TABANAN – Pantaubali.com – Disaksikan secara langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, di bawah terik matahari serta bertepatan dengan hari Peringatan Sumpah Pemuda, penempatan kembali patung Bung Karno pada tempat yang lebih layak di Taman Bung Karno telah dilaksanakan secara sukses oleh tim teknisi pematung Nyoman Nuarta yang datang secara langsung dari Bandung, pada Jumat, (28/10).

Prosesi ini juga dihadiri oleh pimpinan OPD terkait , bendesa adat Kota Tabanan serta organisasi masyarakat. Diwarnai dengan nuansa penuh sejarah dan suka cita dari masyarakat Tabanan yang tampak memenuhi sekitar lokasi, prosesi Pemasangan Patung Bung Karno dilaksanakan secara singkat dengan jangka waktu sekitar 30 menit.

“Hari ini merupakan sebuah sejarah maupun sebuah momentum yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tabanan, maupun masyarakat Bali, bahkan masyarakat Indonesia. Dimana, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022. Hari ini tim dari bapak Nyoman Nuarta khusus datang dari Bandung meletakan patung ini,” ujar Sanjaya.

Selaku Kepala Daerah, Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait atas dukungannya, sehingga pemasangan Patung Bung Karno ini berjalan dengan baik sesuai harapan bersama. Begitupun juga dengan penataan taman dan kawasan pendukung lainnya yang berada di area Taman Bung Karno, diharapkan selesai sesuai target.

Bupati Sanjaya juga tidak menyangka bahwa Patung Bung Karno ini akan dipasang pada tanggal 28 Oktober 2022 oleh tim Bapak Nyoman Nuarta. Padahal, target awal dipasang pada tanggal 29 November 2022 dan Sanjaya juga sangat bersyukur pemasangan patung telah berjalan dengan baik sesuai dengan filosofi dan estetika Taman Bung Karno.

 

Baca Juga:  Selesai HUT Kota Tabanan, Ketua DPRD Langsung Penuhi Uleman Warga

“Astungkara ini bisa berjalan dengan baik, begitu juga dengan semua proses lainnya, penataan tamannya, penataan kolamnya, maupun penataan lain-lainnya. Hari ini baru pemasangan, finishingnya mudah-mudahan sampai bulan desember ini bisa terlaksana dengan baik,” imbuh Sanjaya.

Sebelumnya, sesuai keterangan Kadis PUPR Dedi Darmasaputra, menurutnya pemasangan ini dilakukan lebih cepat dibandingkan rencana awal, karena ada permintaan khusus dari Bapak Bupati Tabanan. Adapun setelah dilakukannya pemasangan patung Bung Karno, pengerjaan proyek dilanjutkan dengan penataan Taman Bung Karno yang diperkirakan akan rampung sesuai rencana awal, yakni pada tanggal 16 Desember 2022.

Patung ini sendiri menghadap ke barat laut dengan jari menunjuk ke utara yang menunjuk pada arah gunung Batukau yang merupakan gunung yang disucikan bagi warga Tabanan. Penempatan patung ini sendiri berdiri pada pojok barat laut Taman Bung Karno yang merupakan area Catus Pata Kota Tabanan, serta berada di sisi jalan yang akan memungkinkan menjadi destinasi baru bagi masyarakat sebagai tempat selfie/swafoto, sehingga diharapkan mampu menjadi ikon Tabanan yang baru.

Sebagai informasi, patung Bung Karno yang berbahan campuran logam tembaga dan kuningan tersebut merupakan karya I Nyoman Nuarta yang juga berasal dari Kabupaten Tabanan. Sebelumnya patung ini berada di bundaran Kediri sejak tahun 2014, yang kemudian dipindahkan setelah adanya permintaan dari masyarakat setempat. @prokopimtabanan,-