Meriahkan Momen HUT Kemerdekaan RI ke-77, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Libatkan Puluhan IKM/UMKM Tabanan

11

TABANAN – Pantaubali.com – Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 sekaligus menggelorakan semangat kebangkitan di Tabanan, Ketua Dekranasda Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H.,M.M gandeng puluhan IKM/UMKM Tabanan untuk turut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten Tabanan dan melibatkan seluruh ASN dan pegawai di lingkungan pemerintahan, Rabu (10/8).

Pembukaan rangkaian kegiatan dibuka pada hari ini, (10/8) dengan dihadiri oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, Ketua DPRD dan Ketua Komisi Fraksi PDIP, Wakil Bupati Tabanan beserta Nyonya selaku Ketua GOW Tabanan, Sekda Tabanan beserta Nyonya selaku Ketua DWP Tabanan, Para Asisten Sekda, Kepala OPD terkait dan para CSR.

Pagelaran pameran UKM dan IMKM ini berpusat di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan dengan penempatan puluhan stan di area perlombaan. Dekranasda dalam kesempatan ini setidaknya mengundang 20 pelaku usaha kuliner dan 4 pelaku usaha pertanian yang secara aktif menjajakan dagangan di area tersebut. Tak membutuhkan waktu lama, dagangan yang dijual ludes terjual diserbu ribuan ASN yang berpartisipasi dalam lomba sejak hari pertama.

Dimulai sejak 8 Agustus 2022 lalu hingga 11 Agustus mendatang, kegiatan ini diakui memberikan berkah tersendiri bagi para pelaku usaha. Berbagai macam makanan khas Tabanan dihadirkan mulai dari Entil Sanda, Lawar Yudha Tunjuk, Lawar Kuwir, Laklak Men Bayu, Warung Serasi, Nilaku Nyatnyat, Warung Binggo, Komunitas Bareng Ngopi, Nasi Khas Be Lindung, jajanan daerah, Betutu Biang Kauripan, Dapur Mamu, Cau Coklat dan masih banyak yang lainnya, hingga produk-produk pertanian sampai tanaman hias juga turut ditampilkan.

Yang nampak menarik, pihak disabilitas dari Mahatmiya Tabanan turut serta berkontribusi menjual nasi kuning, jajanan daerah dan olahan keripik yang ludes terjual. Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-77 nampaknya mampu memberikan beragam manfaat serta membangkitkan geliat kuliner di Tabanan. Berkunjung dan berbelanja siang itu Bupati Tabanan dan Ketua Dekranasda Tabanan nampak hangat menyapa setiap pelaku usaha IKM dan UMKM yang ada saat itu.

Baca Juga: 

“Pada kesempatan ini, kami dari Dekranasda kembali menggandeng para Pengrajin UMKM kita, Kuliner, Kerajinan, Hasil-hasil pertanian, untuk ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dekranasda akan terus menggandeng IKM dan UMKM kita untuk ikut terus mempromosikan produk-produk kita, untuk terus berjualan, tidak hanya event 17 Agustus ini saja, tapi di event-event mendatang kita di Kabupaten Tabanan bahkan di Provinsi nantinya” Ujar Ny. Rai Wahyuni saat menyapa para pelaku usaha siang itu. Pihaknya juga berkomitmen untuk terus memberikan ruang bagi pelaku IKM dan UMKM untuk terus promosi dan berjualan.

Adanya pameran ini, diharapkan juga dapat memberikan manfaat dan membantu membangkitkan perekonomian masyarakat Tabanan sejak terdampak pandemi selama 2,5 tahun belakangan. Kegiatan seperti ini, tentunya sangat dinantikan oleh para pelaku usaha, seperti kata I Wayan Yudha Kumara, salah satu peserta pameran IKM dan UMKM saat ditemui di lokasi.

“Saya secara pribadi dan selaku pedangang, mengucapkan suksema kepada Bapak Bupati Sareng Ibu, sampun memfasilitasi kita selaku IKM dan UMKM untuk bergerak lebih leluasa, ini merupakan terobosan yang sangat brilliant, artinya pedangan bisa berpartisipasi dan difasilitasi dengan konsep yang luar biasa,” ujarnya.