Lupa Matikan Dupa ” Bale Gede Pak Dewa Terbakar “

15

Tabanan – Pantaubali.com – Kebakaran menghanguskan Bale Gede milik Dewa Made Maharaja(52) warga Banjar Kelating Dauh Jalan, Desa Kelating, Kerambitan,Tabanan,Selasa (30/10/2018).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir mancapai ratusan juta rupiah. Musibah tersebut ditengarai akibat dari kelalaian lupa matikan dupa.

Kasubag Humas Polres Tabanan AKP I Gede Surya Kusuma mengatakan,kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 Wita, usai istri korban mengaturkan banten canang sari di pelangkiran Bale Gede dan Taksu di rumah korban.

Setelah itu korban bersama istri pergi ke setra untuk mengikuti prosesi upacara pengabenan, sekitar jam 09.00 Wita saat korban bersama istri masih berada dikuburan,ada salah satu warga yang memberitahu korban bahwa telah terjadi kebakaran namun saat itu korban tidak menduga bahwa yang terbakar itu rumah korban sendiri. Mendapatkan informasi tersebut korban langsung pulang.

Betapa kagetnya korban, Bale gede miliknya hangus terbakar rata dgn tanah. Untuk mecegah agar api tidak merembet ke Bale Daja korban merobohkan taksu dihalaman yang sudah kena api. Atas bantuan masyarakat dan pemadam kebakaran Pemkab Tabanan si jago merah akhirnya bisa dipadamkan.

Dugaan sementara peristiwa kebakaran itu terjadi akibat faktor kelalean istri korban saat ngaturan banten dengan dupa yang masih menyala di pelangkiran kemudian dupa merembet kain wastra pada pelangkiran Bale Gede yang mengakibatkan terjadi kebakaran. Akibat kejadian itu korban menderita kerugian Rp 515 juta.

Baca Juga:  Tahapan Pilkada,Memasuki Kampanye Paselon di Tabanan