Libatkan Masyarakat Sebagai Pengawas Partisifatif, Bawaslu Tabanan Gelar Rapat Koordinasi

6

TABANAN- Pantaubali.com -Bawaslu Tabanan Gelar rapat koordinasi pengawas partisipatif dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan 2020.Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut salah satunya, bagaimana masyarakat dapat terlibat sebagi pengawas partisifatif.

Karena keterlibatan masyarakat tersebut sebagai salah satu bukti suksesnya pelaksanaan pemilihan,gelaran rapat tersebut dilaksanakan di Bedha,Tabanan,Kamis,(19/11).

Dalam kesempatan tersebut seijin Ketua Bawaslu Tabanan I Made Rumada,Koordinator Bidang Pengawasan Bawaslu Tabanan,Ketut Narta menyapaikan,tentu dalam hal ini Bawaslu ingin mengujudkan Pemilu lebih adil,bersih dan demokratis.Dengan demikian tentu pengawasan Pemilu untuk Pilkada telah bertransformasi bersifat partisifatif.

Saat ini,tidak menempatkan lagi masyarakat sebagai objek demokrasi akan tetapi selayaknya masyarakat bisa dijadikan sebagai subjek dalam demokrasi.

“Masyarakat bisa ikut dalam hal ini menjaga pelaksanaan Demokrasi atau ikut berpartisipasi dalam upaya mengawasi Pemilu maupun Pilkada,” jelasnya.

Sembari Dirinya menambahkan,shinga dengan demikian tidak akan terjadi jarak antara pengawas dan masyarakat.Maka, jadikan aktifitas pengawasan sebagai bagian dari aktifitas sehari-hari.

Masih dalam waktu yang sama,Anggota Bawaslu Bali Devisi Penangan Pelanggaran I Wayan Wirka mengatakan,berkaitan dengan kegiatan kali ini Bawaslu melibatkan bagaimana masyarakat bisa terlibat sebagi pengawas partisifatif.Karena keterlibatan masyarakat tersebut sebagai salah satu bukti suksesnya pelaksanaan pemilihan.

“Jika masyarakat tidak terlibat bagaimana bisa kita mengatakan sukses,”ucapnya.

Dalam hal ini, Bawaslu tidak mungkin melakukan pengawasan dengan sendirian.Maka dari itu,kegiatan hari ini kita harapkan setelah para peserta dalam rapat koordinasi pengawas partisipatif pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan 2020.Dapat menyampaikan ke warga dan ke teman-temanya bahwa,sebagai masyarakat kita wajib terlibat dalam pesta demokrasi ini.

Rapat tersebut dihadiri juga oleh Ketua BEM beberapa Universitas di Tabanan,Ketua KNPI Tabanan,Ketua Pradah Tabanan, Ketua Osis SMA Negeri Tabanan,Koncab Pramuka Kabupaten Tabanan serta beberapa perwakilan dari Pewarta.

Baca Juga:  PPKM level 4,32 Personel Gabungan Turun Sasar Tiga Pasar Tradisional di Tabanan