Lantik Pejabat Pratama, Administrator dan Pengawas, Bupati Tabanan Berharap Mampu Memberi Pelayanan Lebih Baik

3

TABANAN – Pantaubali.com- Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas serta Penyerahan Surat Keputusan Bupati Tabanan kepada Pejabat Fungsional yang ditugaskan sebagai Kepala Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan dirangkaikan dengan Penandatanganan Pakta Integritas, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan, Selasa (5/7).

Pelantikan yang berlangsung secara hybrid dihadiri langsung oleh Sekda Tabanan dan Kepala BKPSDM, dan disaksikan oleh Asisten III, Kepala Inspektorat dan Rohaniawan, serta dihadiri secara daring oleh Jajaran Forkopimda dan OPD terkait di Tabanan. Adapun jumlah Pejabat Struktural dan Jabatan Fungsional yang melaksanakan kegiatan terdiri dari 27 orang Pejabat Struktural yang dirotasi atau dipromosi dan 5 orang fungsional yang ditugaskan menjadi Kepala Puskesmas.

Bupati Tabanan dalam hal ini, mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik maupun yang diberikan penugasan sebagai Kepala Puskesmas. Momentum pelantikan ini, hendaknya dimaknai sebagai starting point untuk menambah semangat dan niat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Tabanan serta membangun Tabanan kearah yang lebih baik.

Hal tersebut juga berkaitan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil yang mengamanatkan bahwa salah satu bentuk pengembangan karier PNS adalah promosi dan mutasi.

“Saya tegaskan kembali, pelaksanaan rotasi dan mutasi adalah hal yang wajar dan biasa. Mutasi dan rotasi adalah sebuah keharusan dalam mempercepat jalannya roda organisasi” Tegas Bupati Sanjaya.

Pihaknya juga mengingatkan, bahwa di era revolusi industry ini, perspektif kepemimpinan harus dirubah, bahwa tak hanya semakin memberdayakan teknologi yang ada, tetapi juga harus mampu mengevolusi pekerja agar mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan yang ada.

Baca Juga:  700 Atlet Akan Berlaga di Kejurnas Antar Club Voli se-Indonesia di Tabanan

“Untuk itu para Pejabat yang dilantik saya harapkan untuk senantiasa mengamati dinamika dan perkembangan ASN di lingkungan kerjanya masing-masing. Ambil langkah-langkah strategis untuk menjadikan ASN kaum professional yang cerdas dalam mewujudkan smart ASN” Tambahnya.

Smart ASN ditandai dengan adaptasi teknologi agar pelayanan yang dilaksanakan menjadi cepat, akurat dan efektif.

Tak lupa pihaknya juga mengingatkan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh seorang ASN, yakni memiliki karakter “ngayah” aatu turun langsung ke lapangan memberikan layanan kepada masyarakat serta aktif membagun sinergi lintas sektor sebagai upaya untuk mengatasi sumber daya.

“Dengan melaksanakan hal-hal tersebut, niscaya saudara-saudara akan mampu menjadi bagian penting dalam membangun Tabanan Era Baru yang kita idamkan”, lanjutnya.

Pada kesempatan ini pula, dilakukan penyegaran di lingkungan pelayanan kesehatan dengan memberikan penugasan kepada para Pejabat Fungsional di lingkungan Dinas Kesehatan untuk menjadi Kepala Puskesmas.

“Bahwa mutasi Kepala Puskesmas adalah langkah penting untuk membentuk pelayanan puskesmas yang lebih baik kedeannya apalagi dalam situasi transisi pandemic seperti saat ini” orang nomor satu di Tabanan tersebut kembali menekankan. Pihaknya menyebutan bahwa Para Kepala Puskesmas, sebagaimana halnya dengan ASN lainnya, harus memiliki jiwa hospitality, mengayomi dan mampu membuka diri terhadap berbagai keluhan yang dialami oleh masyarakat.

3 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama hasil seleksi terbuka yang telah dilaksanakan sebelumnya, dan juga sudah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara akan resmi mengemban tugas baru yakni sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tabanan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tabanan serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan. (Rilis)