Laksanakan Persembahyangan di beberapa Pura, Bupati Tabanan Doakan Kerahayuan Jagat

6

TABANAN – Pantaubali.com – Momentum bulan Sepetember tahun 2022 ini, nampaknya dijadikan agenda khusus untuk mengucap syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, beserta jajaran. Orang nomer satu di Tabanan itu melakukan persembahyangan di beberapa Pura di Kabupaten Tabanan, Jumat, (9/9).

Dengan didampingi oleh Asisten II dan III, OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam setempat, Perbekel dan Bendesa Adat setempat, kegiatan persembahyangan dimulai di Pura Kahyangan Jagat Luhur Tambawaras yang terletak di Desa Sangketan, Penebel, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan persembahyang di Pura Puseh Desa Bale Agung dan Dalem Prajapati Desa Adat Kota Tabanan.

Diawali di Pura Kahyangan Jagat Luhur Tambawaras, persembahyangan yang dipimpin oleh Pemangku setempat, berlangsung dengan khusyuk dan khidmat. Nampak juga saat itu, persembahyangan turut diikuti oleh puluhan pemedek dan umat sedharma yang tangkil bersama keluarga untuk memohon kerahayuan. Pasalnya, Pura Luhur Tamba Waras dikenal masyarakat untuk memohon obat atau kesehatan.

Di sela-sela kegiatan, Bupati Sanjaya mengatakan, persembahyangan ini merupakan kegiatan rutin untuk memohon kerahayuan kehadapan Sesuhunan (Tuhan Yang Maha Esa) karena telah diberikan kesehatan dan kerahayuan dalam rangka mewujudkan visi Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Disamping itu, juga dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan spiritualitas diri sebagai umat beragama.

Berbeda halnya dengan persembahyangan di Pura Puseh Bale Agung dan Dalem Prajapati Desa Adat Kota Tabanan, Bupati Sanjaya, saat itu turut didampingi oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, Wakil Bupati I Made Edi Wirawan beserta Ny. Widiartini Wirawan, beberapa anggota DPRD Tabanan, para Asisten dan OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Tabanan, Perbekel serta Bendesa Adat setempat.

Baca Juga:  Kapolres Tabanan Lepas 14 Anggota Memasuki Purna Tugas

Diawali di Pura Puseh Bale Agung, Bupati Sanjaya beserta rombongan disambut antusias oleh pengempon Pura dan Pemangku serta masyarakat setempat, kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. Namun lain halnya dengan di Pura Dalem Prajapati, usai melaksanakan persembahyangan, Bupati Sanjaya beserta Istri dan rombongan menyaksikan Ibu-ibu krama istri yang sedang Ngayah Megambel di Pura setempat.

Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi semangat luar biasa yang ditunjukan Sekaa Gong Istri Desa Adat Kota Tabanan tersebut. Tentunya, juga mendapat dukungan yang positif serta diharapkan kedepannya agar ditingkatkan kemampuannya, sehingga bisa melakukan pementasan di event-event besar. Nampak juga saat itu, Bupati Sanjaya beserta istri menyapa masyarakat yang hadir saat itu sembari melakukan perbincangan.