KPU Tabanan Beri “Kuliah” Pemilu Pada Pemilih Pemula

1

TABANAN – Pantau Bali, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan sangat gencar melakukan berbagai tahapan pemilu. Termasuk gencarnya membangun kesadaran masyarakat khususnya kepada para pemilih pemula terhadap kepemiluan.

Hal tersebut terlihat dari digelarnya “kuliah” kepemiluan bagi pemilih pemula. Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor camat Penebel, Jumat (15/12/2018).

“Sosialisasi ini digelar secara serentak di sepuluh kecamatan pada lima korwil di Tabanan,” ungkap Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tabanan I Wayan Sutama.

Komisioner asal Desa Beraban, Kediri, Tabanan ini menyebutkan adapun peserta sosialisasi terdiri dari unsur karang teruna dan OSIS SMA/SMK. Adapun materi yang diberikan berupa gambaran umum kepemiluan dan makna penting digelarnya pemilu.

“Peserta juga diberikan pemahaman tentang etika penyelenggara pemilu,” imbuhnya.

Sutama juga mengatakan bahwa dalam sosialisasi tersebut pihaknya menjelaskan bahwa pada setiap perhelatan pemilu setiap warga negara yang telah memiliki hak pilih berkewajiban untuk menyukseskan pemilu yang jujur, adil dan demokratis. Termasuk pula menyukseskan dengan ikut berperan sebagai penyelenggara pemilu. Misalnya sebagai anggota KPPS.

Ditambahkannya, khusus terhadap perhelatan pemilu 2019 nanti, di Tabanan sendiri akan ada 1.544 TPS. Masing-masing TPS membutuhkan 7 orang KPPS.

“Kami merasa bangga dengan respon peserta. Usai acara sosialisasi banyak peserta mendaftarkan dirinya sebagai anggota KPPS,” tutupnya. *Pantau Bali, Rah

Baca Juga:  Bupati, Keluarkan Surat Edaran Tutup Fasilitas Umum di Tabanan