KPU Badung Menilai,Kesadaran Berpolitik Masyarakat Semakin Meningkat di Badung

69

BADUNG – Pantaubali.com -Melihat partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Badung menyetuh angka 84,62 persen.Maka, dinilai kesadaran berpolitik masyarakat Badung sudah semakin meningkat.Hal tersebut juga telah dibuktikan dari pelaksanaan Pemilu 2019 dengan partisipasi Pemilih mencapai 87,22%,itu disampaikan,Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta,Kamis,(17/12) saat dikonfirmasi di Denpasar.

“Kami meyakini bahwa, kesadaran berpolitik masyarakat Badung sudah semakin meningkat, dimana hal ini juga dibuktikan pada saat Pemilu 2019 yang Partisipasi Pemilihnya mencapai 87,22%, meningkat dari partisipasi Pemilu tahun 2014 sebesar 78%.Tentu kalo melihat data ini, sangat wajar kemudian ada peningkatan partisipasi pemilih di pemilihan serentak 2020,” jelasnya.

Dari total jumlah partisipasi pemilih tersebut,Pemilih yang hadir mencapai 100% tersebar di 4 Kecamatan di Badung.

“Daerah yang terdapat TPS dengan jumlah Pemilih hadir mencapai 100% tersebar di Kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi dan Kecamatan Kuta Utara,” ujarnya.

Jika dilihat secara umum semua kecamatan pada 2015 partisipasinya rendah, sedangkan untuk Pilkada Badung 2020 tahun ini, semua mengalami peningkatan.Dari total partisipasi pemilih tersebut, untuk pemilih pemula belum bisa dipastikan jumlahnya karena, harus mengecek daftar hadir pemilih.Sedangkan untuk total jumlah Pemilih Disabilitas sebanyak 661 Orang telah menggunakan hak pilihnya.

Sembari Dirinya berharap penyelenggara Pemilihan/Pemilu agar senantiasa bekerja pada dasar aturan yang ada dan selalu siap dengan segala perubahan yang terjadi.

“Semoga penyelenggara kedepan lebih baik lagi dalam rangka menjaga marwah demokrasi khususnya di Badung,” tutup Cipta.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya, Apresiasi Semangat Gotong-royong Warga Dalam Ngaben Megabung di Banjar Manusmrtti