Kopi Perlu Diolah Tenaga Terampil, Agar Berdaya Saing Tinggi

3

TABANAN -Pantaubali.com -Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyampaikan, Kopi di Tabanan setidaknya dapat diolah dengan baik terutama oleh tenaga terampil dan kompeten sehinga memiliki nilai lebih.

“Kopi ini dengan diolah tenaga terampil dan kompeten, setidaknya akan mampu memiliki keunggulan dan memiliki daya saing tinggi, sehingga menuju kejayaannya sesuai visi dan misi Tabanan, yakni menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” jelasnya dalam lomba Barista Kopi Bali yang digelar di pedepokan SMI Beladiri, Banjar Batungsel, Kecamatan Pupuan, Sabtu (20/3).

Setidaknya dalam hal ini para Barista Kopi Lokal Tabanan dapat lebih meningkatkan kemampuannya, agar menjadi barista terampil dan profesional, dalam mengolah kopi yang merupakan warisan dari leluhur.

“Sehingga nantinya akan mampu meningkatkan kepopuleran kopi lokal Tabanan hingga ke mancanegara,” ucapnya.

Kopi ini dikatakannya sangat perlu lebih diexplore lagi untuk meningkatkan pamornya.

“Dengan diolah, dibranded dan diexplore dengan lebih baik lagi, kopi Bali Tabanan mampu menembus pasar Dunia dan menguntungkan para petani, khususnya petani kopi Tabanan,” ucapnya.

Jika dilihat dari sejarah dan perjalanan kopi Bali sangat panjang dan memiliki sejarah di era kolonial. Dan sekarang, kopi telah menjadi suatu budaya, khususnya di kalangan masyarakat Tabanan.

“Kopi ini luar biasa, sangat luar biasa. Bayangkan saja dulu, kita dijajah karena salah satunya kopi ini. Karena rasanya yang enak,” imbuhnya.

Dirinya menegaskan, apapun yang dilakukan dan program apapun yang dijalankan baik di TTP maupun di tempat lain dibawah naungan Pemkab Tabanan harus direncanakan dengan matang dan diskusikan dengan berbagai pihak. Sehingga rencana dan program yang dibuat sangat berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat

Baca Juga:  Perhari Ini, Tercatat 113 orang Terkonfirmasi Covid-19 di Bali