Jalan Jebol “Akses Siswa Sekolah Terganggu “

12

Pantaubali.com-Bangli- Jalan menuju Banjar Sulahan,Kecamatan Susut,Bangli nyaris putus akibat longsor. Ruas jalan ini nyaris ambruk akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah tersebut.

Akses jalan kabupaten menuju Banjar Sulahan jebol dan menimbulkan kesulitan Bagi anak-anak sekolah SMP 1 Negeri  Susut,yang biasanya melalui Jalan tersebut,baik dengan cara menggunakan kendaraan maupun berjalan kaki.

Seorang warga yang bernama I Nengah Gana mengatakan longosornya akses jalan tersebut terjadi pada Senin.(09/10/2017) lalu,namun hingga saat ini longsoran akses jalan tersebut  belum mendapatkan perbaikan dari pihak terkait,”katanya.Minggu(4/1/2018).

Menurutnya ruas jalan yang yang nyaris ambuk sebenarnya adalah ruas jalan menuju Banjar Sulahan,adapun penyebabnya akibat dari  air saluran draenase yang meluber ke jalan di depan Kantor Desa Sulahan,sehingga jebolnya karena tergerus air.

Lanjut disampaikan jika cepat bisa ditangani oleh Pemerintah Daerah tentunya tidak separah ini,padahal jalan ini merupakan akses jalan menuju rumah kelahiran Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta.

Kini jalan sama sekali tidak bisa dilalui,jika hujan deras deras lagi kemungkinan jalan bisa putus makanya sementara jalan ditutup”ujarnya.

Camat Susut, Anak Agung Bintang Ari Sutari saat dihubungi mengatakan, pasca diketahuinya longsor pada senderan sampai badan jalan di jalur menuju  Banjar Sulahan, pihaknya telah memasang rambu untuk membatasi jalur  agar pengguna jalan tidak bisa lewat,karena badan jalan masih sekitar 30 cm.

Longsornya senderan hingga badan jalan ini dikatakan Ari lantaran curah hujan yang cukup tinggi di wilayahnya,sehingga terjadinya longsor.“Panjang longsor sekitar 10 meter, dengan kedalaman mencapai 15 meter.

Mengingat struktur tanah masih labil dan dikhawatirkan jebolnya akan melebar, sehingga jalur tersebut rawan untuk dilalui. Untuk mengantisipasi hal tersebut, untuk saat ini jalur menuju Banjar Sulahan tidak boleh dilalui oleh kendaraan roda dua maupun pejalan kaki. Itupun lebarnya hanya 30 centimeter,” ucapnya.

Sedangkan untuk lalin dialihkan dari Dusun Tanggahan Peken menuju jalan Sulahan ke utara disebelah selatan SMAN 1 Susut yang berjarak  sekitar 1,5 kilometer dari pertigaan menuju Banjar Sulahan Susut begitu sebaliknya.

Menyinggung soal perbaikannya, pihaknya telah melaporkan ke Dinas PUPR Kabupaten Bangli, dan telah dilakukan pengecekan. Sebelumnya dari Dinas PU sudah turun ke lokasi,diinformasikan tahun  Anggaran 2018 akan diperbaiki “pungkasnya.