International Surfing Competition diharapkan mampu menjadi magnet bagi wisatawan dunia

0

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama Ny, Sri Kasta mewakili Bupati Klungkung menghadiri Kegiatan Kontes International Surfing Competition yang bertempat di Pantai Mahagiri, Banjar Kaja, Desa Jungutbatu, Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Selasa (27/8/2019) Sore.

Dalam sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan International Surfing Competition ini telah dirintis sejak tahun 2014 hingga sekarang. Manurut Wabup Kasta event ini merupakan ajang olahraga dalam bentuk lomba selancar air yang sekaligus sebagai sarana promosi untuk pariwisata. Event sudah terbukti, karena telah memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pertumbuhan wilayah dan pengembangan kepariwisataan khususnya di Kabupaten Klungkung. “Semoga International Surfing Competition ini nantinya mampu melahirkan bibit-bibit atlet selancar yang handal dan propesional,” Ujar Wabup Kasta.

Selain itu, Wabup Kasta juga memberikan semangat kepada para atlet selancar. pihaknya berharap mereka bisa mengikuti kegiatan ini dengan semangat yang tinggi sehingga nantinya menjadi atlet selancar yang berkualitas internasional yang mampu bersaing di event-event surfing internasional lainnya.”Ikuti kegiatan ini dengan semangat juang yang tinggi agar mampu bersaing dengan peslancar dunia,” Harap Wabup Kasta kepada para peserta selancar.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata Profesor Doctor I Gede Pitana sangat mengapresiasi baik pelaksanaan kegiatan ini, pihaknya sangat mendukung International Surfing Competition agar nantinya dengan kompetisi surfing ini tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Klungkung Khususnya di Kecamatan Nusa Penida bisa lebih dikenal dunia sehingga menjadi daya Tarik untuk wisatawan datang ke Bali. “Saya sangat apresiasi baik pelaksanaan kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan seperti ini nantinya bisa menggejot promosi pariwisata khususnya di Kabupaten Klungkung,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Wayan Lena menyampaikan Lembongan Suft Team merupakan organisasi selancar ombak yang berdiri pada tanggal 24 Juni 2001 yang di pelopori dari orang Austrilia. “Selama berdirinya LST ini telah melakukan kegiatan kontes selancar setiap tahunnya yang diikuti oleh peserta lokal, nasional hingga internasional,” Ujar Wayan Lena.

Lebih lanjut, Wayan Lana juga menambahkan Lembongan Surf Team ini bergerak dalam bidang selancar juga bergerak dalam kegiatan peduli lingkungan berupa pembersihan pantai, pelestarian hutan bakau, pelatiahan ranang untuk anak-anak Jungutbatu. Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mencari bibit atau menumbuh kembangkan bakat generasi muda dalam bidang selancar serta menghindari mereka dari hal-hal pergaulan yang negatif. Kegiatan ini terdiri dari 10 surfer lokal terbaik, 16 surfer board rider club di Bali dan peserta luar negeriĀ  yang berasal dari Australia, Jepang dan Brazil.