Ini Salah Satu Strategi Koperasi Tekan Kredit Macet di Gianyar

154

GIANYAR – Pantaubali.com -Ditengah Pandemi membuat berbagai lini usaha serta ekonomi masyarakat mengalami keterpurukan.Melihat situasi tersebut membuat salah satu Koperasi di Kabupaten Gianyar bernama Koperasi Serba Usaha Banjar Sampiang melakukan salah satu cara agar para anggota Koperasi tidak sampai melakukan gagal pembayaran kredit.

Salah satunya dengan memberi kebijaksanaan dalam pembayaran kredit.Dengan hanya melakukan pembayaran bunga pinjaman kreditnya saja.Menurut Penasehat Koperasi Serba Usaha Banjar Sampiang, Ida Bagus Nyoman Rai,Jumat,(22/1) di Gianyar mengatakan,langkah tersebut akhirnya bisa diterima dengan baik dan positif oleh anggota koperasi di Koperasi Serba Usaha Banjar Sampiang pada khususnya.

“Ditengah pandemi di 2020 khusus kepada anggota atau peminjam di internal Koperasi hanya dibebankan bisa lancar membayar bunganya saja.Sedangkan pokoknya diberikan kemudahan untuk menunda pembayaran,” sebutnya.

Langkah atau kebijakan tersebut akhirnya bisa diterima secara positif sampai saat ini oleh anggota koperasi terutama peminjam atau kreditur.

“Sangat positif jika dilihat dari anggota khususnya dalam pembayaran kredit,” sebutnya.

Dari jumlah kredit macet nilainya sangat kecil sampai saat ini.Hal tersebut disebabkan karena,Koperasi juga telah melakukan upaya-upaya persuasif atau pendekatan secara hak dan kewajiban oleh para pengurus secara intens dilakukan.

“Walaupun belum terjadi hasil yang maximal akan tetapi, report dari penagihan oleh para prajuru tiap bulan dilakukan.Sehinga, kita tetap bisa menggukurnya.Jadi seandainya ada yang bermasalah maka, setiap bulan pasti didatangi termasuk yang mulai ada ragu-ragu telah dilakukan pendekatan juga,” paparnya.

Tentu hal tersebut dilakukan agar citra koperasi yang sudah baik tidak sampai tergangu.Sembari Dirinya menambahkan,Koperasi merupakan usaha milik bersama dari kita untuk kita. Maka, kewajiban dari anggota dapat dilakukan secara konsekuen walaupun nilai rupiahnya kecil akan tetapi konsisten

Baca Juga:  Perhari Ini, Tercatat Terkonfirmasi Covid-19 Tercatat 97 orang di Bali