Ida Bagus Putu Suastika, Asisten III Karangasem, Terpilih sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem

7

Karangasem – Pantaubali.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem berhasil memilih Ida Bagus Putu Suastika,S.Sos.M.AP yang merupakan Asisten III Setda Kabupaten Karangasem sebagai ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem masa bakti 2022-2027 dalam Musyawarah Kwarir Cabang (MUSCAB) yang dilaksanakan pada Minggu,( 27/3) bertempat di Aula Sabha Widya Praja Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem.

Dalam MUSCAB tersebut juga terpiih I Komang Budiarta, SE selaku Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Karangasem. Pemilihan dilakukan secara aklamasi dari peserta MUSCAB yang berjumlah terdiri dari sebanyak 60 orang yang terdiri dari 5 orang unsur Kwartir Cabang, 40 orang dari 8 unsur Kwartir Ranting, 3 orang peninjau dari Saka dan 12 Orang Unsur Panitia.

Dalam sambutannya ketua Kwarcab terpilih Ida Bagus Putu Suastika,S.Sos.M.AP menyampaikan bahwa peran serta gerakan pramuka sangat lah penting dalam memajukan aktivitas dan kreativitas generasi muda dalam pendidikan karakter. Pramuka sudah terbukti mampu mencetak generasi-generasi yang baik dan berkualitas seperti yang ada di sekolah-sekolah kedinasan dimana sebagian besar dari mereka adalah inputnya berasal dari adik-adik yang dibina dari gerakan pramuka.

Untuk menuju ke arah itu Suastika siap menjalankan amanah bersama segenap jajaran pengurus Kwarcab dan Kwaran Se-kwarcab Karangasem untuk mengembangkan dan memajukan Gerakan Pramuka di Karangasem.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin yang didampingi Sekretaris Kwarda Bali ,I Nyoman Aryawan, dalam menyampaikan bahwa dalam mengelola sebuah organisasi penting diterapkan sebuah kepemimpinan yang open manajemen yang artinya transparan dalam pengelolaan organisasi karena transparansi itu membuat pengelolaan organisasi menjadi efektif dan efesien. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali itu juga menekankan pentingnyaa anggota pramuka memiliki kemampuan dalam bidang kehumasan dan informatika karena sesungguhnya setiap pramuka adalah pewarta, sehingga segala informasi yang ada dalam kegiatan pramuka bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Baca Juga:  Penuhi Janji Kepada Gubernur Bali, Konjen Tiongkok Denpasar Serahkan Bantuan Penanganan Bencana

Hal ini akan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk mencontoh aktivitas positif yang dilakukan Pramuka. Di akhir sambutannya Rentin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada kepengurusan masa bakti tahun 2017-2022 di bawah kepemimpinan I Gusti Ngurah Kartika yang telah menorehkan berbagai pencapaian dan prestasi untuk memajukan gerakan pramuka di Karangasem sehingga Gerakan Pramuka Karangasem selalu exist seperti sekarang ini.

Menurut panitia Muscab Made Agung Ari Yasa, S.Pd, M.Pd.H, bahwa Musyawarah Cabang Kwarcab Karangasem tahun 2022 memiliki Agenda Laporan pertangungjawaban Pengurus Masa Bakti tahun 2017-2022 yang sepenuhnya dapat diterima oleh peserta Muscab, Pemilihan Ketua Kakwarcab masa bakti tahun 2022-2027 serta Pemilihan ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarcab Karangasem.

Selain agenda di atas Musyawarah Cabang juga berhasil melakukan penyusunan Rencana Program Kerja Kwarcab masa bakti 2022-2027 melalui sidang-sidang komisi dengan pembahasan pada masing-masing sidang komisi yang meliputiKomisi A Pembinaan bindamuda, Komisi B Pembinaan Anggota Dewasa, Komisi C Bidang program organisasi hukum dan perencanaan dan penelitian dan pengembangan, komisi D bidang inovasi, aset dan usaha, Komisi E bidang pengabdian masyarakat dan bela Negara, Komisi F Bidang Kehumasan Data dan Informatika serta bidang G Satuan karya Satuan Komunitas dan Gugus Darma.