HUT Clekontong Mas, Akan Dirangkai Pagelaran Seni

20

TABANAN – Pantaubali com – Memperingati hari jadinya tahun ini perkumpulan seniman lawak bondres Clekontong Mas akan membuat beberapa kegiatan seni. Grup bondres yang personelnya terdiri dari Sokir, Tompel, Sengap, Cemplon dan Cablek ini memperingati hari ulang tahun setiap 8 Oktober. Selain pentas hiburan seni, juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan sosial.

“Intinya tidak jauh-jauh dari seni lah,” kata Jro Mangku Gede I Komang Dedi Diana alias Tompel pada Senin, (5/9) disela-sela rapat persiapan mereka.

Selain merayakan HUT Yayasan Clekontong Mas yang ke-5, momen 8 Oktober 2022 nanti sekaligus merayakan HUT ke-9 Sanggar Clekontong Mas dan HUT ke-10 Clekontong Mas Balinese Art Production. Tompel menerangkan, nantinya kegiatan mereka juga akan mengunjungi seniman dalang Bali legendaris.

“Target minimal dua seniman dalang legendaris. Saling berbagi dan mengunjungi. Saling memberikan dukungan,” ujarnya.

Selain itu, juga akan diisi dengan lomba menggambar kategori sekolah dasar dengan tema Clekontong Mas pada 7 Oktober di sore harinya. Acara BICABER atau Bincang Bercanda Berisi bersama seniman pedalangan dengan topik pewayangan pada hari yang sama.

“Semoga memberikan kesan serta membangun kesadaran seni bagi masyarakat, khususnya dikalangan generasi muda,” ujarnya.

Selain itu, I Ketut Gede Rudita alias Sokir mengatakan, pada 8 Oktober 2022 akan digelar pementasan bondres di Sekretariat Clekontong Mas Banjar Buda Ireng, Desa Batubulan Kangin, Kecamatan Sukawati.

“Pasti ada sesuatu yang istimewa lah, nanti kan saja,” ujarnya.

Tompel berharap, Bondres Clekontong Mas bisa terus eksis dan diterima oleh masyarakat. Sehingga seni Bondres bisa terus dinikmati masyarakat khususnya di Bali dari masa ke masa.

“Ayo dukung, harus nonton,” kata Tompel.

Jro Mangku I Nyoman Ardika alias Sengap berharap, dengan dirayakannya HUT Clekontong Mas menandai seni pertunjukan di Bali bangkit pasca Pandemi. Sehingga bisa memberikan gairah bagi para seniman dan menghibur masyarakat luas.

Baca Juga: 

“Sehingga perlahan bisa tumbuh dan kembali normal,” ujarnya. (Rilis)