Hari Ini, Launching KOPI Pewarta Diapresiasi Bupati dan Wabup Tabanan

5

TABANAN –Pantaubali.com – Dalam upaya memberi informasi edukatif,menyajikan informasi bersifat membangun serta kritik dalam menggawal pembanggunan Tabanan kedepan.Terdorong hal tersebut maka di 2021 Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta) melaunching acara Komunikasi Penuh Inspirasi ( Kopi) di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan, hari ini (Senin,(25/1).

Acara digelar secara daring dengan diikuti,Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wityastuti dan Wakil Bupati Tabanan yang juga Calon Bupati Tabanan terpilih I Komang Gde Sanjaya dan sejumlah OPD terkait lainnya.

Ni Putu Eka Wityastuti dikesempatan tersebut menyampaikan, pentingnya komunikasi dalam menyukseskan program pembangunan yang dilakukan pemerintah dengan melibatkan semua pihak termasuk awak media yang tergabung dalam pewarta.

“Peran para jurnalis termasuk Pewarta sangat penting dalam hal ini mengedukasi masyarakat dalam upaya mensukseskan pembangunan oleh pemerintah termasuk dalam mengedukasi dalam pencegahan Covid-19,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Dirinya juga melihat bahwa kasus Covid-19 saat ini tidak hanya berpengaruh terhadap prekonomian baik di Tabanan maupun masyarakat Bali umumnya.Akan tetapi, pandemi Covid-19 telah menyebabkan krisis mental di kalangan masyarakat luas juga.

Maka dari itu, peran semua pihak sangat diperlukan guna melakukan sinergi dalam memerangi penyebran Covid-19 yang tak kunjung kapan akan berakhir.

“Jangan kendor dalam menjalankan Prokes, dan saya harap masyarakat Tabanan tidak putus asa serta tetap kreatif ditengah pandemi,” ajaknya.
Selanjutnya Komang Gde Sanjaya mengibaratkan awak media Pewarta merupakan sosok “Hanoman” selaras dengan inspirasi tokoh dalam pewayangan Rama dan Shinta.

Disini, Pewarta menurut Sanjaya akan mampu memberikan informasi yang jelas, lugas dan edukatif seperti sosok Hanoman yang berangkat ke Negeri Alengka guna memastikan kesimpang siuran informasi yang terjadi dibawah.

Baca Juga:  Hari Ini, Bupati Tabanan Ngantor di Desa Zona Merah

Tujuan Hanoman adalah agar rama maupun shinta tidak salah menerima informasi, demikian pula degan awal Pewarta diharapkan mampu memberikan informasi dengan pemrintah ke depan dengan mengedukasi masyarakat, menambah kepercayaan masyarakat agar tetap tangguh serta kreatif di masa-masa pandemic saat ini.

“Peran Pewarta sangat penting ke depan dengan bersinergi dengan masyarakat dalam memberikan informatif kepada masyarakat Tabanan,” ucapnya.

Sanjaya juga menegaskan tetap melanjutkan program pemerintah yang pernah dilakukan oleh Eka Jaya sebelumnya. Dan dengan bimbingan dari Bupati Eka, semua program telah dicanangkan sebelumnya, tentu tetap akan direalisasikan saat dirinya usai dilantik menjadi Bupati Tabanan nanti demi terciptanya masayarakat Aman, Unggul dan Madani (AUM).
Dalam kesempatan dan waktu yang sama, Ketua Pewawarta, Doni Dharmawan menegaskan bahwa kegiatan ‘KOPI’ Pewarta yang dilaunching oleh Bupati Eka merupakan salah satu program yang sengaja digagas oleh para awak media yang bertugas di Tabanan tahun 2021.

Selain memberikan informasi edukatif bagi masyarakat, Kopi Pewarta juga akan menyajikan informasi bersifat membangun sekaligus kritik dengan menghadirkan berbagai narasumber berkompeten di bidangnya.

“Bukan hanya dari kalangan stake holder (pemerintah) yang akan digandeng untuk memberikan informasi kepada masyarakat, namun kalangan akademisi, seniman hingga tokoh inporatif akan diberikan kesempatan dalam wadah ‘KOPI’ pewarta ini,” tutupnya.