Hari ini, Harga Cabai Masih Melambung

19

TABANAN – Pantaubali.com – Harga cabai di pasar tradisional Tabanan masih mengalami kenaikan.Harga per kilo cabai lokal misalnya menyentuh Rp 115 sampai Rp 120.Kenaikan harga secara bertahap telah dirasakan pedagang mulai sebelum Nyepi.

Kondisi tersebut disampaikan Ibu Ayu pedagang aneka olahan bumbu dapur di pasar tradisional Tabanan,Selasa,(23/3) saat ditemui di gerai daganganya mengatakan, kenaikan sedikit demi sedik telah terjadi sebelum Nyepi hinga saat ini.Untuk harga perkilo cabai lokal merah perhari ini menembus harga Rp 115 sampai Rp 120.

“Ya, harga cabai naik saat ini sebesar Rp 5 ribu,” jelasnya.

Sedangkan harga cabai lokal dicampur merah dan hijau dijual Rp 80 ribu perkilo.Menurut Dirinya, dalam kondisi kenaikan harga permintaan cabai juga tidak menentu perharinya.

Selanjunya masih ditempat yang sama, Negah Sugiarta yang juga pedagang aneka bumbu dapur menyampaikan, memang cabai mengalami kenaikan sejak sebelum Nyepi.Dengan harga beragam contoh, cabai lokal (Bali) Rp120 ribu sedangkan cabai luar Bali Rp 110 perkilo.

“Memang naik harganya, baik itu cabai disini (lokal) maupun dari Jawa,” ujarnya.
Dengan adanya kenaikan harga tersebut rata-rata konsumen membeli dalam jumlah tidak terlalu banyak paling dikisaran Rp 5 sampai Rp 10 ribu.
“Sebagian pembeli membeli cabai hanya untuk keperluan konsumsi dan jarang membeli untuk keperluan upacara,” cetusnya.

Dari kedua pedagang tersebut kompak menyampaikan, tetap optimis dan berusaha meskipun dihadapkan dalam kondisi ekonomi seperti saat ini.

Baca Juga:  Ketua Pengwil Bali INI Sebut, Notaris Penting Pahami Kode Etik dan UU Jabatan Notaris