Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional, Bupati Minta Pentingnya Tanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

4

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Pentingnya menanamkan pendidikan karakter sejak dini di dalam menjalani kehidupan sehari-hari, hal tersebut diungkapkan ketika Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny, Ayu Suwirta menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 yang bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kabupaten Klungkung, Selasa (20/8/2019) Pagi.

Pada kesempatan itu, Bupati Suwirta memberikan apresiasi dan motivasi khususnya kepada anak yang dalam keadaan kondisi cacat berani untuk tampil membawakan sebuah puisi maupun lagu. “Saya sangat salut kepada mereka, mari jadikan ini sebuah cermin kehidupan dibalik kekurangan yang mereka punya masih tersimpan kelebihan untuk berjuang menjalani kehidupan,” Pinta Bupati Suwirta.

Menurut Bupati Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media serta pemerintah, sehingga setiap anak memilik kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan yang positif. “Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang harus dibekali dengan kemampuan dan daya kreativitas yang baik,” Ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati juga menambahkan melalui peringatan hari anak nasional semoga kita sebagai masyarakat yang peduli akan pendidikan maupun para orang tua dapat memberikan perhatian yang penuh dengan tanggung jawab dan memberikan segala yang terbaik untuk anak-anak. “Jadikan peringatan Hari Anak Nasional ini untuk lebih peduli pentingnya menanamkan sejak dini pendidikan karakter kepada anak-anak,” Harap Bupati Suwirta kepada seluruh guru pengajar maupun orang tua.

Sementara itu, Sekretaris Forum Anak Daerah Kabupaten Klungkung Anak Agung Istri Pramudya Wardhani menyampaikan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Klungkung sudah mengadakan sharing berupa materi organisasi positif, makanan sehat dan nonton bareng film pendek pendidikan karakter. Selain itu, juga memberikan pengenalan 10 hak anak yakni hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan pendidikan hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk mendapatkan nama (identitas), hak untuk mendapatkan status kebangsaan, hak untuk mendapatkan makanan, hak untuk mendapatkan akses kesehatan, hak untuk mendapatkan rekreasi, hak untuk mendapatkan kesamaan, hak untuk berperan dalam pembangunan yang harus mereka dapatkan. Adapun juga kegiatan yang sudah dilaksanakana yaitu pemilihan duta anak Kabupaten Klungkung, pembentukan dan pengukuhan pengurus forum anak daerah Kabupaten Klungkung Periode Tahun 2019-2021, kegiatan forum anak daerah Kabupaten Klungkung, FAD goes to school Kabupaten Klungkung, lomba menulis/cipta puisi tingkat SMA/SMK, lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar tingkat SD serta lomba mengarang tingkt SMP.

Acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ini juga dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Klungkung, para Kepala Sekolah/Guru pengajar serta para siswa-siswi (Humasklk/puspa).