Dunia Politik Harus Mampu Melahirkan Wirausaha-wirausaha Muda di Tabanan

16

TABANAN – Pantau Bali – Dunia politik dan kader-kader setiap partai politik harus mampu melahirkan wirausaha-wirausaha muda. Demikian yang diungkapkan seorang pelaku wirausaha Tabanan I Gusti Putu Suma Wiratma, ST., Kamis (13/12/2018).

Ditemui dikediamannya di Banjar Tengah Kelod Desa Penarukan, Kerambitan Tabanan, mantan kepala cabang salah satu perusahaan pembiayaan dan mantan general manager disalah satu perusahaan otomotif ternama ini menyebutkan bahwa ditengah sempitnya lapangan kerja, maka perlu didorong lahirnya wirausaha-wirausaha muda. Termasuk pula lahirnya wirausaha-wirausaha muda di Tabanan. Baginya, hal ini harus didorong oleh pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Termasuk pula para politikus.

Khusus di Tabanan lanjutnya, dalam mendorong lahirnya wirausaha-wirausaha muda ini, baik politikus maupun pemegang kebijakan tentu harus berkaca dari potensi yang ada di Tabanan dan minat , bakat serta kualitas dari SDMnya. Sehingga pelaku-pelaku wirausaha yang terlahir mampu mengembangkan potensi yang ada dan memberikan dampak positif diwilayahnya.

“Tidak kalah pentingnya, dalam mendorong terlahirnya wirausaha-wirausaha muda khususnya di Tabanan, para pemegang kebijakan harus memperbanyak ruang untuk peningkatan kualitas SDM, akses permodalan dan promosi,” sebutnya.

Sebagai seorang pelaku wirausaha sekaligus politikus Partai Golkar, Suma Wiratma melihat upaya mendorong lahirnya wirausaha-wirausaha muda masih minim. Padahal Tabanan dilihatnya memiliki beragam potensi dan ditengah semakin majunya IT, banyak bidang yang bisa digarap oleh para wirausaha muda ataupun wirausaha pemula.

“Potensi terbesar di Tabanan dan sesuai dengan julukan sebagai daerah lumbung beras Bali, tentu banyak peluang yang bisa digarap oleh para pengusaha pada sektor pertanian,” jelasnya.

Caleg DPRD Tabanan nomer 8 Dapil 1 (Tabanan-Kerambitan) ini menegaskan, kedepan Tabanan harus mampu tercipta wirausaha-wirausaha muda. Sehingga potensi Tabanan mampu terkelola secara maksimal oleh putra daerah yang pada akhirnya terwujudnya kemandirian ekonomi.

Baca Juga:  Bawaslu,Ingatkan Netralitas ASN di Pilkada Tabanan

“Terwujudnya kemandirian ekonomi juga akan berpengaruh terhadap terjaganya kondusifitas Tabanan, termasuk kondusifitas politiknya,” tutup Suma Wiratma. *Pantau Bali, Rah