Bupati Tabanan Sebut, Jagung dan Sorgum Alternatif Ditanam di Musim Kemarau

6

TABANAN -Pantaubali.com -Menghadapi musim kemarau Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, Kamis,(3/6) menyebutkan, tanaman Jagung dan Sorgum dapat dijadikan alternatif varian tanaman selain Padi ditanam para petani di Tabanan.

“Jika dikihat secara umum kondisi air di Tabanan masih bagus. Akan tetapi, memang ada beberapa daerah kondisinya mengalami kering.Misal di daerah Selemadeng Timur (Seltim), setidaknya disana dapat bercocok tanam Jagung dan Sorgum,” jelasnya.

Dalam upaya mewujudkan tentu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dapat meninjau langsung kelapangan untuk melihat kodisi yang ada.

“Melihat langsung dalam kondisi tidak ada air di musim kemarau setidaknya ada tanaman alternatif misal,menanam Jagung dan Sorgum tersebut,” ujarnya.

Para petani menurut Dirinya, tidak ada masalah selama tanaman di tanam dapat menghasilkan sesuatu memiliki nilai bagus maka, tidak harus menanam Padi.

“Jika daerah kering dapat menghasilkan sesuatu untuk ketahanan hidup tentu akan menjadi menarik.Maka dari itu,tugas Pemerintah saat ini adalah upaya ikut membantu,” ucapnya.

Sembari Dirinya menambahkan, pasca panen perlu menjadi perhatian Pemerintah juga, jangan sampai harga dipermainkan oleh tengkulak.

“Jika perlu melakukan intervensi stabilitas harga juga,” pungkasnya.

Baca Juga:  Odalan di Pura Semeru, Wagub Cok Ace Imbau Masyarakat Bali yang Tangkil Patuhi Prokes