Bupati Tabanan Nyaksi, Jayanegara Nyangging Pesemetonan Dadia Arya Wang Bang Pinatih

5

TABANAN – Pantaubali.com – Ada yang menarik saat berlangsungnya Karya Ngenteg Linggih Lan Mupuk Pedagingan dan Metatah Ring Cepik, di Banjar Dinas Cepik Kelod, Desa Tajen, Penebel, Tabanan. Pasalnya, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M nyaksi Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara Nyangging Pesemetonan Dadia Arya Wang Bang Pinatih, Rabu (29/6).

Hal tersebut, ditujukan oleh Bupati Sanjaya untuk memberikan dukungan terhadap pelestarian budaya dan adat serta mengajegkan Bali melalui kegiatan masyarakat secara sekala dan niskala. Bersama dengan para OPD terkait, Bupati Sanjaya mengikuti persembahyangan yang dilaksanakan pada pagi hari itu. Kehadiran jajaran Pemkab Tabanan, disambut hangat oleh pihak Pesemetonan.

Bupati Sanjaya mengapresiasi peran Jaya Negara nyangging dalam Karya tersebut. “Menjadi sangging, dalam hal ini ialah wujud pengabdian, tentunya dengan didasari ketulusan dan kemauan untuk berbuat kepada umat, serta merupakan tradisi umat Hindu yang harus diangkat dan dilestarikan karena mengandung beragam nilai budaya” Ujarnya.

Lebih lanjut, bagi orang nomor satu di Tabanan, Sanjaya, kehadiran Tri Upa Saksi dalam upacara adalah hal yang penting dan krusial. Demi terwujudnya karya yang Satwika Yadnya. “Ada tiga poin penting yang melandasi tercapainya Tri Upa saksi, selain rasa tulus dan ikhlas, kekompakan namun juga karya yang sampun kepuput oleh sang sulinggih dan hadirnya Tri Upa Saksi, yakni tokoh masyarakat yang datang dan menyaksikan upacara” Ungkapnya.

Tercatat jumlah peserta Metatah sebanyak 18 orang dan terdiri dari 12 orang laki-laki dan 6 orang perempuan dari pesemetonan Dadia Arya Wang Bang Pinatih. Kehadiran Bupati dan Walikota saat itu, terutama perhatian langsung dari Pemerintah Kabupaten Tabanan, juga mendapat tanggapan baik dari pihak keluarga dan warga Cepik Kelod.

Baca Juga:  Terima Kunjungan Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Program, Wagub Bali Dorong Pemuda untuk Berinovasi

“Saya mewakili keluarga besar Arya Wang Bang Pinatih, pertama-tama mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran beliau, dan kami keluarga besar sangat bangga dengan kepemimpinan Bupati Tabanan, Khususnya di mana wilayah kami masih termasuk wilayah Tabanan dan beliau sangat memperhatikan warganya, yang kedua, perhatian tersebut sangat kami rasakan juga pada saat putra putri kami melaksanakan potong gigi. Pak Walikota Denpasar dan Pak Bupati Tabanan ikut juga berpartisipasi, kesannya sangat baik sekali. Termasuk juga masyarakat ring Cepik juga berkesan sangat baik sekali menerima kedatangan Pak Bupati sampai bisa ke Cepik” Ujar Gusti Made Darmasudira, mewakili pihak keluarga. (Rilis)