Bupati Tabanan Buka Secara Resmi Perayaan HUT Kota Tabanan ke-529

4

TABANAN – Pantaubali.com – Sorak sorai ribuan Masyarakat Tabanan dalam seremonial menyambut Pembukaan Perayaan HUT Ke-529 Kota Tabanan yang dibuka oleh Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, sekaligus dirangkaikan dengan Pelepasan Kontingen Atlet Porprov Bali Kabupaten Tabanan Tahun 2022 dan Pencanangan Car Free Day serta Penyerahan Hadiah Utama Gebyar PBB di Kabupaten Tabanan, Minggu (6/11).

Kegiatan yang telah dimulai sejak pukul 7 pagi tersebut, dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, dengan turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Jajaran Forkopimda, Sekda beserta para Asisten, Para Kepala Perangkat Daerah dan Para Kepala Bagian di lingkungan Setda Tabanan, Kepala Kantor Kementerian dan Instansi Vertikal, Direktur BPD Bali, Para Camat, dan juga diramaikan oleh 2500 ASN di lingkungan Pemkab Tabanan bersama masyarakat.

Perayaan HUT Ke-529 Kota Tabanan di Tahun 2022, mengusung tema “Jayaning Singasana” yang memiliki makna, semangat bersama untuk mewujudkan puncak kejayaan Tabanan dalam menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Di mana, Tema yang dipilih ini mengacu pada semangat yang digemakan untuk bersama-sama membangun Tabanan dan di dalam momen HUT Kota Tabanan ini dapat memacu semangat dan kecintaan serta rasa bangga menjadi orang Tabanan.

Gelora semangat ini tentunya diramaikan dengan ragam suguhan acara yang dapat menyentuh masyarakat dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya pertunjukkan seni, budaya dan edukasi serta lomba-lomba yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan penuh di bulan November ini. Rasa gembira dan berbahagia, disampaikan oleh Bupati Tabanan, Sanjaya, mengingat acara ini merupakan momentum bagi masyarakat Tabanan untuk membangkitkan semangat kecintaan dan kebanggaan atas daerahnya.

“Saya selaku Bupati dan atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, menyampaikan selamat pada Kota Tabanan yang kini sudah memasuki usia ke-529, semoga Kota Tabanan akan semakin lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya” Ujar Bupati Sanjaya. Tema Jayaning Singasana yang dipilih, telah sesuai dengan kaidah sejarah dan juga sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2010 yang menyatakan bahwa Ibu Kota Tabanan ialah Singasana.

Baca Juga:  Pastikan Rekonstruksi Berjalan Lancar, Bupati Sanjaya Tinjau Pemasangan Bagan Utama Patung Wisnu Murti

Di mana, Tema tersebut juga mencerminkan rasa optimis dari Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam mewujudkan harapan masyarakat untuk bersama-sama pulih lebih cepat dari keterpurukan Pandemi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pembukaan Rangkaian Perayaan HUT Kota ini ditandai dengan pelepasan balon dan pelepasan burung merpati oleh Bupati Sanjaya beserta jajarannya.

Dirangkaikan dengan pelepasan Atlet Porprov Kab. Tabanan yang akan berlaga pada ajang Porprov Pronvinsi Bali Tahun 2022 ini, Sanjaya juga menyampaikan apresiasinya. Bagi Sanjaya KONI Kabupaten Tabanan telah mempersiapkan secara maksimal sebagai bentuk Kado terindah dalam merayakan HUT Kota Tabanan. Pelepasan itu ditandai dengan penyerahan bendera kontingen kepada ketua KONI Kabupaten Tabanan, yang menadai bahwa atlet Tabanan dengan spirit bangga menjadi orang Tabanan telah siap berlaga dan mendulang prestasi dalam Porprov Bali Tahun 2022, di mana pelaksanaa Proprov Bali tahun ini pertama kalinya akan digelar secara gotong royong dengan mengambil venue menyebar di seluruh Kabupaten atau Kota Se-Bali.

Di Kesempatan itu, Bupati Sanjaya juga kembali mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bergotong-royong dan berkolaborasi dalam perayaan peringatan HUT Kota Ke-529 ini.

“Intinya adalah, bagaimana kita memeriahkan hari ulang tahun ini, konsepnya adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita, Hari Ulang Tahun ini adalah milik kita bersama, milik rakyat Tabanan seluruhnya”, cetusnya.

Seperti yang dijelaskan oleh I Gede Urip Gunawan, selaku Kepala Bapeddalitbang yang juga berperan sebagai Ketua Panitia, bahwa rangkaian kegiatan dimulai dari 30 Oktober – 29 November 2022, yang dipusatkan di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Taman Bung Karno dan Lapangan Alit Saputra. Di mana kegiatan dimulai dari persiapan, pembukaan, entertainment, budaya dan penggerak ekonomi.

Baca Juga:  Bupati Bersyukur Komunitas Bemas Koki Memberi Dampak Positif Bagi UMKM Tabanan

“Tujuan pelaksanaan rangkaian acara ini ialah untuk memeriahkan HUT Kota Tabanan, Melestarikan Budaya serta memelihara dan meningkatkan kebanggaan dan cinta terhadap tanah kelahiran Tabanan, menjngkatkan kreatifitas generasi muda Tabanan, memupuk jiwa sportifitas melalui kegiatan perlombaan dan juga memberikan ruang rekreasi yang lebih semarak bagi masyarakat Tabanan” paparnya.

Gede Urip dalam laporannya pagi itu. Kegiatan diteruskan dengan bersepeda di seputaran area Car Free Day sembari mengunjungi belasan stand IKM dan UMKM kuliner oleh Bupati Sanjaya beserta jajaran.