Bangli Nunggak Pembayaran Beras sejahtera ( Rastra )

1
ilustrasi gambar
Pantaubali.com-Bangli Tunggakan pembayaran Beras Sejahtera (Rastra) masih cukup tinggi. Data yang diterima dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangli, per 26 Desember tunggakan rastra dari sejumlah desa yang tersebar di empat kecamatan mencapai Rp 650.738.000.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangli I Dewa Agung Bagus Riana Putra, Rabu (27/12), Menjelaskan, Bahwa tunggakan pembayaran rasta dari sejumlah desa yang tersebar di empat kecamatan masih tinggi. Per 26 Desember, tunggakan rastra mencapai Rp 650.738.000. Dari data yang ada,Desa yang paling banyak di Temukan adanya tunggakan pembayaran rastra berada di Kecamatan Kitamani.

Menurut Riana Putra,keterlambatan desa membayar tunggakan rastra tersebut di sebabkan karena adanya keterlambatan pendisitribusian rastra ke sejumlah desa pada Desember ini. Sehingga, warga yang menerima rastra, terlambat menerima,Disamping itu, lokasi pengambilan rastra dari rumah warga khususnya bagi warga yang ada di balik bukit jaraknya terlalu jauh,secara otomatis Hal ini mengakibatkan “Banyak warga yang mengeluhkan jarak pengambilan rastra ini. Yang di nilai tidak sesuai dengan ongkos pengambilanya lebih tinggi dari harga rastra yang di dapat.

Saat ini pihak  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangli  bersama Bulog terus gencar turun ke desa-desa untuk mengejar  pelunasan di sejumlah desa yang masih menunggak pembayaran rastra tersebut,sehingga tunggakan yang masih ada di sejumlah desa bisa segera dibayar. Dengan begitu tunggakan rastra di Bulog bisa dilunasi,” tegas Riana Putra.