Cegah Virus Covid 19 ” Satgas Gotong Royong Banjar Adat Manuk Laksanakan Lomba Wastafel Unik “

 

BANGLI – Pantaubali.com – Satgas gotong royong Banjar Adat Manuk, Desa Susut Bangli Gencar Melaksanakan Pencegahan penularan virus Covid 19, Salah satunya dengan melaksanakan Lomba Wastafel Unik di setiap depan pekarangan rumah di sepanjang Banjar Manuk.

Lomba Wastafel unik ini sengaja di laksanakan untuk memberi motifasi kepada warga manuk,saat maraknya penularan virus Covid 19 di Bali dan di bangli khususnya,dengan harapan masyarakat Banjar Manuk akan terbiasa melaksanakan salah satu pencegahan penularan virus dengan sering – sering mencuci tangan,kaki dan lainya sebelum masuk ke pekarangan rumah,sehingga saat masuk ke pekarangan rumah,masyarakat sudah dalam keadaan bersih dan harapanya hal tersebut bisa mencegah penularan virus covid 19 yang saat ini sedang marak di bali bahkan di seluruh dunia.

Kelian Dusun Banjar Manuk I Nengah Arianta sebagai pengagas Lomba Wastafel unik ini mengatakan, Lomba ini sebenarnya sudah di mulai sejak tanggal 8 April lalu,dan kriteria penilaian yang kami laksanakan adalah,dari segi bentuk dan pemanfaatan Wastafel tersebut.

“ Kami Selaku penyelenggara mengajak 25 orang juri yang sama sekali tidak di ketahui oleh warga kami,sehingga proses penilaianya juga sangat rahasia,agar lomba ini nantinya bisa berlangsung natural dan masyarakat tanpa sadar akan terbiasa melaksanakan cuci tangan di wastafel yang mereka buat “ Tegas Arianta.

“ Juri yang menilai pasti akan mencari masyarakat yang benar-benar disiplin dan menggunakan wastafel sesuai dengan fungsinya “ Imbuhnya.
Dalam Lomba Wastafel unik yang di laksanakan di banjar manuk ini di gagas juga oleh PAM Desa Adat Manuk dan Sekehe Truna-truni Ganesha Banjar Manuk,Sekaligus rangkaian Hut Yowana Ganesha yang akan di laksanakan pada tanggal 10 Juli Mendatang.

Lomba ini menggunakan pendanaan dari Dana BKK Desa Adat Manuk,Yang nantinya untuk Pemenang Lomba Wastafel pertama akan mendapat Hadian Uang Tunai senilai Rp 1.000.000 dan Pemenang Kedua Rp 750.000 dan untuk Pemenang ke tiga akan mendapat uang senilai Rp 500.000 selain itu Penyelenggara juga menyiapkan hadiah Hiburan kepada peserta yang masuk Penilaian 10 besar.

Pelaksanaan Lomba Wastafel unik di tengah penularan Virus Covid 19 ini,Semoga Bisa menjadi inspirasi kepada Banjar Adat Lain se Desa Susut Sehingga,Arahan Pemerintah kepada masyarakat bali untuk mencegah penularan dengan rajin mencuci tangan bisa berjalan dengan baik dan mencegah virus tersebut masuk ke lingkungan Desa Adat di Bali. (kyk)