Marak Insiden Siber, Perangkat Pemerintah Kabupaten Badung Dibekali Keamanan Siber 

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Atas maraknya insiden siber yang terjadi belakangan ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung mengantisipasi potensi gangguan di lingkungan Pemkab Badung.

Diskominfo mengadakan sosialisasi yang melibatkan para kepala perangkat daerah di Ruang Gita Gosana, Lantai 3 Kantor Diskominfo Badung, Selasa (9/7/2024).

Sosialisasi ini juga mengikutsertakan tim IT dari masing-masing perangkat daerah, guna lebih terarah dan tepat sasaran.

Kepala Diskominfo Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra menekankan, pentingnya sosialisasi ini mengingat banyaknya insiden siber yang terjadi belakangan ini.

“Hari ini kita mengadakan diskusi dengan perangkat daerah terkait sosialisasi keamanan siber. Tujuannya adalah agar mereka memahami pentingnya keamanan siber terhadap jaringan, sistem, pusat data, dan akses-akses lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Helikopter Terjatuh di Pecatu Diduga Akibat Baling-Baling Terlilit Tali Layangan

Untuk mencegah gangguan siber di lingkungan Pemkab Badung, Jaya Saputra mengajak perangkat daerah untuk bekerja sama dan berbagi tugas dalam langkah-langkah preventif dan pencegahan.

“Kami berbagi tugas dengan perangkat daerah lain. Apa yang menjadi langkah-langkah preventif di perangkat daerah, dan mana yang menjadi tugas kami sebagai penyedia layanan di Diskominfo,” tambahnya.

Baca Juga:  Pemkab Jembrana Gelontorkan Beras CPP Kepada 17.006 KPM 

Dalam diskusi tersebut, disampaikan beberapa materi oleh tim teknis mengenai isu-isu aktual terkait keamanan siber.

Jaya Saputra menegaskan, pengelolaan keamanan dan pusat data merupakan hal yang sangat strategis dan merupakan objek vital yang harus dijaga bersama di lingkungan Pemkab Badung.

Sementara itu, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Badung Ida Ayu Gede Dewi Crishnadi menambahkan, pihaknya sudah memiliki tim khusus yang menangani keamanan siber.

Baca Juga:  Bunda PAUD Tabanan Kenalkan Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Story Telling

“Kami sudah memiliki tim yang bertugas mengamankan dan menindaklanjuti insiden-insiden yang terjadi berkaitan dengan siber di lingkungan Pemkab Badung,” kata Dewi Crishnadi. (jas)