Sempat Dilaporkan Hilang di Gunung Agung, 2 Pendaki Asal Inggris Ditemukan Selamat

Evakuasi dua WNA Inggris tersesat di Gunung Agung, Karangasem.
Evakuasi dua WNA Inggris tersesat di Gunung Agung, Karangasem.

PANTAUBALI.COM, KARANGASEM – Dua warga negara Inggris dilaporkan belum kembali dari pendakian di Gunung Agung, Banjar Dinas Mekuri, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, pada Kamis (4/6/2024).

Dua WNA tersebut berinisial MF dan MS yang menginap di daerah Ubud. Kecurigaan awal muncul karena rekan korban yang sebelumnya berkomunikasi melalui telepon tidak bisa lagi menghubungi mereka.

Di sekitar lokasi juga ditemukan dua sepeda motor terparkir di dekat jalur pendakian yang jarang digunakan.

Baca Juga:  Kronologi Kecelakaan Dali Wassink, Suami Aktris Jennifer Coppen di Sunset Road 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas) I Nyoman Sidakarya mengatakan, laporan pertama kali diterima dari Konsulat Inggris pada sore hari.

“Kami menerima laporannya hari ini, namun tidak ada kepastian dari mana mereka memulai pendakian, hanya ditemukan motor terparkir,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Koordinator Pos SAR Karangasem, Ngurah Eka Widnyana. “Informasi dari tim pemandu menyebutkan ada dua sepeda motor di Pura Pasar Agung Yehkori,” jelasnya.

Kemudian, tim rescue dari Pos SAR Karangasem yang terdiri dari enam personel segera bergerak ke lokasi sekitar pukul 16.20 WITA.

Baca Juga:  WNA Australia Pelaku KDRT dan WNA Nigeria Overstay Dideportasi Rudenim Denpasar

Setibanya di posko, mereka berkoordinasi dengan unsur SAR terkait, termasuk Polsek Bebandem, perangkat Kecamatan Bebandem, perangkat Desa Jungutan, Babinsa Desa Jungutan, Bhabinkamtibmas Jungutan, pemandu lokal, dan masyarakat setempat.

“Sekitar pukul 18.15, tim bergerak menuju lokasi di mana terdengar teriakan minta tolong,” ungkap Ngurah Eka.

Setelah pencarian, kedua WNA tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan selamat di ketinggian 1700 mdpl. (ana)