Pemkab Tabanan akan Bangun Taman Perjuangan

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Tabanan akan membangun sebuah Taman Perjuangan.

Taman perjuangan ini akan dibangun di sebelah Barat Taman Makam Perjuangan Pancaka Tirta atau tepatnya di lahan Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan, Jalan Pahlawan.

Bahkan Kantor DLH sudah dikosongkan sejak beberapa waktu lalu dan pindah ke wantilan Desa Adat Kota Tabanan.

Baca Juga:  Ditinggal Mencari Rumput, Motor Milik Warga di Desa Apit Yeh Digondol Maling

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengatakan, pembangunan Taman Perjuangan ini bermula dari masukan para tokoh perjuangan atau veteran di Kabupaten Tabanan.

“Beliau dari dulu sudah memberikan kita piteket bahwa selain Tabanan dikenal sebagai kota agraris juga dikenal sebagai kota pejuang,” ujarnya, Senin (24/6/2024).

Tabanan dikenal sebagai kota pejuang, lanjut Sanjaya, terbukti dari sejarah perjuangan pahlawan seperti Sagung Wah dalam Perang Puputan tahun 1906 dan peristiwa perang puputan di Marga tahun 1946 yang kini menjadi Taman Pujaan Bangsa Margarana.

Disamping itu, Kabupaten Tabanan menjadi satu-satunya Kabupaten di Bali yang memiliki memiliki Taman Makan Pahlawan. Masyarakat juga biasa melakukan nyekar di makam para pahlawan saat peringatan hari-hari tertentu.

Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Temukan Kesalahan Prosedur Pantarlih dalam Coklit

“Jadi pembangunan Taman Perjuangan ini sebagai wujud penghormatan kita terhadap jasa para pejuang,” ungkapnya.

Sanjaya menambahkan, Taman Perjuangan rencananya akan dilengkapi dengan beberapa alat perang seperti pesat tempur, mobil tank dan meriam.

“Astungkara tahun ini bisa terlaksana. Agar betul-betul menyatu antara TMP dengan Taman Perjuangan. Sehingga para generasi khusunya generasi muda bisa mengenang perjuangan para pahlawan,” pungkasnya. (ana)