Dilaporkan Tersesat di Gunung Adeng, Dua Pendaki Berhasil Dievakuasi

Evakusi dua pendaki tersesat di kawasan Gunung Adeng, Desa Munduk Lumbang, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Minggu (23/6/2024).
Evakusi dua pendaki tersesat di kawasan Gunung Adeng, Desa Munduk Lumbang, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Minggu (23/6/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dua pendaki laki-laki dilaporkan tersesat di kawasan Gunung Adeng, Desa Munduk Lumbang, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, pada Sabtu malam (22/6/2024).

Pendaki yang tersesat tersebut adalah Ivan Arianto Prastya (23) dan Matthew Albert Stoppels (23). Mereka sama-sama berasal dari Denpasar.

Keduanya berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan pada Minggu siang dalam keadaan selamat.

Baca Juga:  Operasi Patuh Agung Digelar 15-28 Juli 2024, Ini Jenis Pelanggaran yang Disasar

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan I Nyoman Srinadha Giri mengatakan, laporan tersesatnya kedua pendaki tersebut diterima pihaknya pada Sabtu sekitar pukul 23.10 WITA dari Polsek Baturiti.

Informasi saat itu, dua orang pendaki tersesat di kawasan Pura Puncak Adeng dan posisi korban dalam keadaan aman.

“Korban mendaki pada Sabtu sore pukul 18.00 WITA. Namun kondisi saat itu hujan lebat sehingga mereka tersesat,” ujarnya dikonfirmasi, Minggu (23/6/2024).

Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kawil Munduk Lumbang dan Polres Tabanan untuk melakukan pencarian pada Minggu pagi.

Baca Juga:  Inflasi di Kabupaten Tabanan Turun Menjadi 1,96 Persen, Terendah di Bali

“Pencarian dimulai pukul 07.30 WITA dan berlangsung hingga kedua pendaki ditemukan dalam keadaan selamat pada pukul 11.30 WITA. Kedua korban kemudian dievakuasi ke tempat yang aman,” ungkap Srinadha Giri.

Adapun selama proses pencarian melibatkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Regu 3 BPBD Tabanan, Basarnas Bali, Sar Dog, Sar Polda, Buana Bali Rescue, Polres Tabanan, Polsek Baturiti, Kawil Munduk Lumbang serta masyarakat sekitar. (ana)