Dukung Produktivitas Petani, Pemkab Tabanan Bersama Kelompok Wanita Tani Dukuh Mesari Tanah Bibit Cabai

Pemerintah Tabanan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Dukuh Mesari, Banjar Bongan Jawa Kangin, Desa Bongan, Tabanan, menanam bibit cabai, terong dan tomat pada Jumat, (14/6/2024).
Pemerintah Tabanan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Dukuh Mesari, Banjar Bongan Jawa Kangin, Desa Bongan, Tabanan, menanam bibit cabai, terong dan tomat pada Jumat, (14/6/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Dukuh Mesari, Banjar Bongan Jawa Kangin, Desa Bongan, Tabanan, menanam bibit cabai, terong dan tomat pada Jumat, (14/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani khususnya ibu-ibu yang ada di Desa Bongan.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama jajaran turun langsung melakukan penanaman bibit bersama ibu-ibu. Dalam kesempatan itu juga pihaknya menyerahkan 100 bibit cabai, 200 bibit tomat dan 200 bibit terong kepada KWT Dukuh Mesari.

Baca Juga:  Operasi Patuh Agung Digelar 15-28 Juli 2024, Ini Jenis Pelanggaran yang Disasar

Bupati Sanjaya menekankan pentingnya regenerasi petani muda dan mengapresiasi upaya generasi milenial dalam mempertahankan serta mengembangkan sektor pertanian.

Selain dukungan moril, program pelatihan dan bimbingan teknis juga sangat perlu dan penting diselenggarakan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap pertanian bagi masyarakat.

“Berikan edukasi kepada masyarakat, berikan masukan yang baik kepada para ibu-ibu anggota KWT agar mampu meningkatkan keterampilan yang berujung pada meningkatnya penghasilan guna mendukung kehidupan dalam keluarga,” ujar Sanjaya.

Kedepannya, pihaknya berkeinginan agar adanya dukungan penuh dari dinas-dinas terkait, sehingga mampu meningkatkan sektor pertanian di Tabanan.

Baca Juga:  Ditinggal Mencari Rumput, Motor Milik Warga di Desa Apit Yeh Digondol Maling

Dari segi infrastruktur dan irigasi juga sangat ditekankan sesuai visi mewujudkan kedaulatan pangan di Bali dan mendukung pertanian berkelanjutan.

Ketua KWT Duku Mesari Ni Putu Ismayanti menyampaikan rasa bangganya atas perhatian dari Bupati beserta jajaran terhadap keberlangsungan kelompoknya dan berharap dukungan ini terus berlanjut.

“Kami berharap agar kami selalu diberikan bimbingan ataupun pelatihan, untuk meningkatkan keterampilan kami,” ungkapnya. (ana)