Pemkab Badung Komitmen Dukung Gerakan Koperasi 

Sekda Wayan Adi Arnawa membuka acara Rapat Kerja Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Badung di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Jumat (24/5).
Sekda Wayan Adi Arnawa membuka acara Rapat Kerja Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Badung di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Jumat (24/5).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa membuka acara Rapat Kerja Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), Kabupaten Badung, bertempat di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Jumat (24/5/2024).

Acara ini merupakan rutin dilaksanakan setiap tahun, dimana untuk mengevaluasi kinerja dan merumuskan program-program kerja Dekopinda Badung kedepan.

Sekda Adi Arnawa, mengapresiasi gerakan koperasi di Kabupaten Badung sebagai mitra dari pemerintah dalam berbagai hal, dimana gerakan koperasi telah memperingan beban dari pemerintah dalam hal menampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.

Kedepannya Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan akan mendorong pertumbuhan koperasi dengan membuat kebijakan-kebijakan dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan koperasi sehingga dapat membuat koperasi lebih siap untuk mengembangkan usaha-usaha dari koperasi itu sendiri.

Selain itu, ia mengajak seluruh insan koperasi untuk menjaga kesinambungan agar koperasi tetap eksis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Badung.

Baca Juga:  Disdikpora Buka MPLS Kabupaten Badung 2024

“Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen akan terus mendukung gerakan koperasi ini dan saya akan pasang badan untuk bapak-ibu sekalian,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerda Dekopinda Kabupaten Badung Made Sudiana menjelaskan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang dihadapi serta merancang strategi dan program kerja yang lebih baik untuk memajukan gerakan koperasi di Kabupaten Badung.

Selain itu, untuk memaksimalkan gerakan koperasi, membahas sumber dana yang dapat dioptimalkan baik dari anggota koperasi, bantuan pemerintah, maupun kerjasama dari pihak swasta guna mensejahterakan anggota koperasi itu sendiri.

“Saya harap para peserta menjaga semangat kerja sama dan  kekompakan selama acara ini berlangsung, saya berharap melalui rapat ini dapat melahirkan keputusan-keputusan yang bermanfaat dan berdampak positif bagi koperasi di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Baca Juga:  Bunda PAUD Tabanan Kenalkan Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Story Telling

Sementara Ketua Dekopinda Kabupaten Badung I Made Sutarma mennnjelaskan, dengan semboyan Inovasi, Kolaborasi, dan pendampingan, Dekopinda berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung serta Pusat Koperasi Jagadhita Kabupaten Badung yang menjembatani gerakan koperasi di Kabupaten Badung.

Tujuannya untuk menggerakan roda perekonomian di tingkat masyarakat ekonomi menengah kebawah, baik meningkatkan sumber daya manusia, koperasi, dan juga memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh gerakan koperasi.

Baca Juga:  Helikopter Terjatuh di Pecatu Diduga Akibat Baling-Baling Terlilit Tali Layangan

Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, sebagai komitmen Dekopinda, kedepannya diharapkan seluruh insan koperasi di Kabupaten Badung harus kompeten, dengan melakukan pelatihan-pelatihan yang dananya bersumber dari anggaran pemerintah, secara mandiri melalui dana pendidikan di masing-masing koperasi.

”Dengan adanya 600 Koperasi yang ada di Kabupaten Badung, diperkirakan bisa menampung 2.500 tenaga kerja, ini mencirikan bahwa gerakan koperasi juga meringankan beban Pemerintah Kabupaten Badung dari segi tenaga kerja, selain itu juga, dengan membayar pajak ke negara dan meningkatkan roda perekonomian daerah, dengan simpan-pinjamnya,” jelasnya. (rls)