PMI Jembrana Serahkan Bantuan 750 Pipa kepada Kelompok Air Bersih Merta Jati

Penyerahan bantuan pipanisasi kepada kelompok masyarakat penyedia air bersih Merta Jati di Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem, Jembrana, Selasa (30/4/2024).
Penyerahan bantuan pipanisasi kepada kelompok masyarakat penyedia air bersih Merta Jati di Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem, Jembrana, Selasa (30/4/2024).

PANTAUBALI.COM, JEMBRANA – Ketua PMI Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menyalurkan bantuan pipanisasi kepada kelompok masyarakat penyedia air bersih Merta Jati di Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem, Jembrana, Selasa (30/4/2024).

Total sebanyak 750 pipa diserahkan dengan nilai bantuan mencapai Rp89.175.000 dari program Disaster Response Emergency Fund (DREF) yang nantinya digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penyaluran air bersih oleh masyarakat dan kepada masyarakat.

Patriana Krisna yang akrab disapa Ipat ini berharap, bantuan pipanisasi ini dapat membantu masyarakat khususnya di lingkungan Pancardawa untuk dapat memperoleh air bersih yang lebih baik.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Pasar Umum Negara Capai 92 Persen

“Saya harapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama, sehingga masyarakat dapat memperoleh air bersih yang berkualitas,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada anggota kelompok untuk menjaga dan memelihara bantuan yang telah diterima agar penyaluran air bersih kepada anggota kelompoknya dapat dinikmati berkelanjutan.

“Saya minta agar bantuan ini dapat dipertanggungjawabkan, jaga dan pelihara secara baik agar bisa memberikan manfaat yang lama,” tegas Ipat.

Sementara itu, ketua Kelompok Merta Jati, Nyoman Nuarga mengungkapkan instalasi pipa air yang sudah ada belum dapat menyalurkan air bersih secara maksimal kepada semua anggota.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Siap Bangkitkan Pariwisata Bali Barat dan Utara

Oleh karena itu adanya bantuan pipanisasi  sangat disambut antusias oleh kelompok yang beranggotakan 30 orang ini.

“Jarak sumber air ke rumah masyarakat kurang lebih 4 kilometer, sudah ada pipa air, karena yang lama kecil kemudian dengan bantuan ini diganti dengan yang lebih besar,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Nuarga, pemasangan pipa bantuan ini akan dikerjakan secara bergotong-royong yang akan mulai dikerjakan besok.

Baca Juga:  Kejari Jembrana Musnahkan Ribuan Pil Koplo

“Pengerjaan swadaya oleh anggota kelompok yang dibantu oleh PMI kabupaten Jembrana, kita mulai kerjakan besok,” pungkasnya. (ana)