Sekda Badung Buka Diskusi Penguatan Karakter Bangsa

PANTAUBALI.COM, MANGUPURA – Penguatan karakter bangsa melalui toleransi dan moderasi beragama menjadi sangat penting untuk memastikan kelangsungan harmoni dan kedamaian sosial di Indonesia.

Toleransi beragama menegaskan pentingnya menghargai perbedaan keyakinan dan menghormati hak setiap individu untuk beribadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

Sementara moderasi beragama mengajak untuk menyeimbangkan antara ajaran agama dan kepentingan sosial, serta mendorong sikap saling menghormati dan berempati di antara umat beragama.

Baca Juga:  Pemkab Jembrana Gelontorkan Beras CPP Kepada 17.006 KPM 

“Melalui kegiatan diskusi publik ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya toleransi dan moderasi beragama. Kegiatan ini pula diharapkan dapat menghasilkan strategi konkret dan rekomendasi kebijakan yang dapat diimplementasikan untuk memperkuat fondasi harmoni dan kedamaian sosial di Indonesia,” ujar Sekda Adi Arnawa mewakili Bupati Badung membuka Forum Penguatan Karakter Bangsa Melalui Toleransi dan Moderasi Beragama di Puspem Badung, Jumat (29/3/2024).

Sekda Adi Arnawa menambahkan, saat ini Bangsa Indonesia sedang menggalakkan moderasi beragama dalam rangka mewujudkan dan memperkuat toleransi sebagai implementasi penghargaan terhadap pluralisme, sesuai falsafah Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga:  PDIP Tabanan Gelar Sosialisasi Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun Ke Depan

“Moderasi beragama di sosialisasikan antara lain melalui pelatihan karakter, yaitu menanamkan kembali core value atau inti ajaran agama untuk membentuk pribadi-pribadi manusia Indonesia yang baik, cinta tanah air, taat kepada ajaran agamanya termasuk patuh kepada pemerintah yang sah,” pungkasnya. (rls)