Anggota DPRD Tabanan Tekankan Pentingnya Pokok-Pokok Pikiran dalam Penentuan Program Daerah

Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi Nasional Demokrat, IGN Sanjaya
Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi Nasional Demokrat, IGN Sanjaya

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi Nasional Demokrat, IGN Sanjaya, menekankan pentingnya keberadaan pokok-pokok pikiran anggota DPRD dalam pembentukan program daerah, yang pada hakikatnya berasal dari dua lembaga, yakni eksekutif dan legislatif.

Namun, Sanjaya menyoroti ketimpangan yang terjadi di Tabanan, di mana aspirasi tersebut sering kali tidak terserap dengan baik. “Hal ini disebabkan oleh egoisme para pemangku kebijakan dan sebagian besar anggota yang enggan menyuarakan aspirasi karena ketakutan, karena lebih mengedepankan konsep kekuasaan daripada kepemimpinan,” ujarnya, Selasa (26/3/2024).

Meski demikian, menurut Sanjaya memberikan apresiasi terhadap kemajuan fisik yang telah dicapai di bawah kepemimpinan Bupati I Komang Gede Sanjaya, seperti pembangunan infrastruktur jalan, meskipun dilakukan dengan menggunakan hutang sebesar 125 miliar. Namun, dia mencatat beberapa hal yang dianggapnya aneh, seperti dekorasi tembok depan kantor yang dihiasi oleh patung-patung, yang menurutnya menimbulkan kesan “patungisasi”.

Baca Juga:  TP PKK Tabanan Bagikan PMT Kepada Lansia hingga Penderita Kanker

Pada tahun-tahun mendatang, Sanjaya memberikan beberapa saran terkait sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Dia menekankan pentingnya pemerintah daerah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Tabanan, seperti yang dilakukan oleh JKBM pada masa kepemimpinan Gubernur Mangku Pastika.

Selain itu, Sanjaya juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas pendidik dan peserta didik serta pembangunan kembali sekolah pendidikan guru untuk memastikan kualitas guru yang sejati. Dia juga menekankan perlunya program pemerintah yang mampu menggerakkan ekonomi riil masyarakat, khususnya para petani dan peternak, agar mereka dapat hidup sejahtera.

Baca Juga:  Viral di Medsos, Petugas Jagabaya Jadi Korban Pemukulan di Pantai Kuta

Dengan menyuarakan aspirasi dan memberikan saran konstruktif, IGN Sanjaya berharap agar Tabanan dapat menuju arah yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya. (ana)