Kembangkan Calon Wirausaha Muda, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan

Disdikpora Badung menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan bertajuk ‘Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024’.
Disdikpora Badung menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan bertajuk ‘Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024’.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) kembali menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan bertajuk ‘Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024’.

Bertempat di Ruang Aula Gedung Pertemuan Kwarcab Kabupaten Badung, jalan Raya Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Rabu (20/3/2024).

Dalam laporan yang dibacakan oleh Analis Kebijakan pada Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Badung Dewa Made Muarta menyatakan, kegiatan ini merujuk kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 41 Tahun 2011 Tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda Serta Penyediaan Prasarana dan Sarana KepemudaanKepemudaan.

“Tujuan diselenggarakan pelatihan ini, merupakan salah satu upaya untuk menciptakan wirausaha muda yang mandiri dan berdaya saing serta membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan generasi muda yang mampu bersaing, handal dan unggul,” ujarnya.

Selanjutnya, pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024 berjumlah 100 orang peserta yang berasal dari siswa SMA/SMK, dengan pelaksanaannya dibagi dalam dua angkatan, serta masing-masing angkatan berjumlah 50 orang peserta.

Baca Juga:  Pembangunan MRT di Kabupaten Badung Dimulai September 2024

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dengan angkatan pertama dilaksanakan tanggal 20 sampai 21 Maret 2023, angkatan kedua dilaksanakan 26 sampai 28 Maret 2024. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari kalangan birokrat, akademisi dan praktisi di bidangnya.

Ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga I Gede Suarjaya, serta disaksikan oleh I Made Suartana Sekretaris KNPI Badung, Dewa Ardita Wakil Ketua KNPI Badung, Ni Kadek Santika Pradnyanita Anggota Karang Taruna Kecamatan Mengwi, Ayu Putu Ariani Fungsional pengembang kewirausahaan DISKOP UKM Kabupaten Badung.

Baca Juga:  Upaya Penyeludupan Narkoba di Lapas Kerobokan Digagalkan

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga I Gede Suarjaya menyatakan, tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi terutama pengangguran di kalangan terdidik.

Fenomena pengangguran di kalangan terdidik selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja/usaha (link and match).

“Hal tersebut juga sekaligus menjelaskan masih rendahnya tingkat kewirausahaan yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan. Pemerintah Kabupaten Badung berupaya pengembangan kewirausahaan khususnya di usia pemuda melalui kegiatan pelatihan wirausaha muda pemula, dalam upaya menciptakan wirausaha muda yang tangguh dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan zaman,” paparnya.

Baca Juga:  Disdikpora Buka MPLS Kabupaten Badung 2024

Selanjutnya, pihaknya berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, tekun, serius, dan bersungguh-sungguh sehingga akan mampu mendapat wawasan dari narasumber untuk membangun harapan yang optimis dalam menciptakan bisnis masa depan.

“Kalau ingin sukses di bidang apapun termasuk di bidang bisnis, maka bergabunglah saudara pada barisan orang yang optimis, yang berpikirnya positif yang jiwanya terang dan mau bekerja untuk mengejar sukses,” ujarnya. (jas)