BBMKG Bali Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi saat Nyepi, Masyarakat Diimbau Waspada

lustrasi hujan lebat disertai petir (Foto: Tempo)
lustrasi hujan lebat disertai petir (Foto: Tempo)

PANTAUBALI.COM – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Bali pada 10-12 Maret 2024.

Dilansir dari website BBMKG wilayah III, hari ini Minggu (10/3/2024) yang bertepatan dengan perayaan pengerupukan sebagai rangkaian Hari Raya Nyepi di Bali. Masyarakat diimbau untuk waspada adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sepuluh Kabupaten.

Kemudian, pada Senin (11/3/2024) bertepatan dengan Nyepi, diprediksi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Bali. Meliputi Denpasar, Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Karangasem dan Klungkung.

Baca Juga:  Koster Ngaku Siap Dipasangkan dengan Cok Ace atau Giri Prasta di Pilkada 2024

Selain itu, masyarakat di daerah pesisir juga diimbau akan adanya gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok, Perairan selatan Bali dan Samudera Hindia Selatan Bali-NTB.

Kemudian, pada Selasa (12/3/2024) diperkirakan akan terjadi hujan disertakan petir di wilayah Badung, Bangli, Gianyar, Buleleng, Jembrana, Karangasem, Klungkung dan Tabanan.

Baca Juga:  Bali Dinobatkan Sebagai Pulau Terbaik Ketiga di Dunia Versi Travel + Laisure 

Atas peringatan dini tersebut, masyarakat diimbau untuk mewaspadai dampak bencana yang timbul seperti angin kencang, pohon tumbang, petir, banjir dan tanah longsor. (ana)