Ogoh-Ogoh ST Kembang Sari Desa Banyubiru Juara Masikian Festival 2024

Penyerahan hadiah kepada ST. Kembang Sari Banjar Banyubiru, Desa Banyubiru, pemenang lomba dalam Masikian Festival 2024.
Penyerahan hadiah kepada ST. Kembang Sari Banjar Banyubiru, Desa Banyubiru, pemenang lomba dalam Masikian Festival 2024.

PANTAUBALI.COM, JEMBRANA – Gelaran Masikian Festival Tahun 2024 yang mengangkat tema ‘Abhitah Yowana Catha’ telah berlangsung sukses dengan menghadirkan lomba ogoh-ogoh dewasa, ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh selama tiga hari dari tanggal 5-7 Maret di Gedung Kesenian Ir. Soekarno.

Pada malam terakhir, Kamis (7/3/2024) gelaran Masikian Festival secara resmi ditutup oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba ditandai dengan penyerahan penghargaan bagi para ST (Seka Truna) pemenang lomba pada tiga kategori tersebut.

Tidak hanya penyerahan hadiah lomba semata, pada malam terakhir Masikian Festival juga diisi hiburan oleh band-band lokal Jembrana seperti Roxx Kids, Bocah Tua Nakal, Senar Putus dan +62 Reborn. Dan yang menjadi guest starnya yakni Bagus Wirata.

Ketua Pasikian Yowana Jembrana, Putu Ferry  menyampaikan, hasil dari penilaian juri telah menetapkan dari 15 Ogoh-ogoh yang telah tampil dalam Masikian Festival tahun ini, berhasil meraih Juara I, ST. Kembang Sari Banjar Banyubiru, Desa Banyubiru dengan tema ogoh-ogoh ‘Mebarung Gelung’.

Sementara itu, untuk juara II, ST. Satya Dharma Kerti Banjar Adat Cempaka, Desa Pahyangan, dengan tema ogoh-ogoh ‘Nyapa Kadi Aku’, dan juara III ST. Eka Jaya Sari Banjar Adat Bunut Bolong Desa Manggissari dengan tema ogoh-ogoh ‘Kumbakarna Lina’.

Baca Juga:  Ribuan Umat Muslim Padati Twin Tower Jembrana

Untuk Juara Harapan I diraih, ST. Satya Dharma Banjar Adat Dana Sari Desa Adat Ekasari, dengan tema ogoh-ogoh ” Kawah Candra Gowuka”, dan Juara Harapan II, ST. Yuwana Dharma Kanthi Banjar Adat Peh, Desa Adat Kaliakah dengan tema ogoh-ogoh “Kaliakan”.

Disampaikan pula, untuk para pemenang berhak mendapatkan piala dan uang tunai. Untuk Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp15 juta, Juara II, Rp12 juta, dan Juara III, uang tunai sebesar Rp10 juta. Sementara Juara Harapan I dan II, masing-masing  uang tunai Rp7 juta.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Ogoh-Ogoh dewasa dari para yowana Jembrana, serta tetap semangat dan terus berkreativitas,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tamba disela-sela kegiatan mengungkapkan, apresiasi kepada hasil karya ogoh-ogoh baik itu dari ogoh-ogoh dewasa, ogoh-ogoh mini, sketsa ogoh-ogoh dari para sekehe teruna.

Baca Juga:  Pastikan Kemananan Pintu Masuk Bali Jelang WWF ke-10, Polres Jembrana Siagakan Personel di Pelabuhan Gilimanuk

Masikian Festival telah memberi ruang yang sangat luar biasa bagi para sekehe teruna dalam berkreativitas khususnya dalam menciptakan seni ogoh-ogoh, yang merupakan bagian dari tradisi Bali dalam menyambut Hari Raya Nyepi.

Ditambahnya, hasil karya ogoh-ogoh dengan tema yang beragam mengangkat isu-isu sosial atau lingkungan, hingga kisah pewayangan yang tidak lepas pada aspek estetika dan keindahan desainnya.

“Untuk itu, astungkara ditahun depan kita akan menaikan dana kreativitas ogoh-ogoh yang sebelumnya per- ST memperoleh Rp2,5 juta menjadi Rp3 juta.  Ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kreativitas yowana-yowana yang ada di Jembrana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba yang didampingi Ny. Candrawati Tamba juga turut mengajak para yowana untuk “Masikian” bersatu padu bersama-sama mewujudkan Jembrana Emas 2026.

“Tentu untuk mewujudkan cita-cita besar, Jembrana Emas 2026 butuh dukungan dan komitmen semua lapisan masyarakat dan para yowana itu ada didalamnya. Selamat menyambut hari raya Kuningan dan Nyepi dan khusus untuk Nyepi lakukan Catur Brata Penyepian dengan sungguh-sungguh,” ucapnya.

Baca Juga:  Peringatan HARKITNAS Ke-116, Bangun Optimisme Sambut Indonesia Emas 2045

Hasil penjurian dari lomba ogoh-ogoh mini, yang menjadi juara I yakni ST. Yowana Dharma Cakra Desa Adat BB Agung, juara II ST. Satya Werdhi Desa Adat Sangkaragung, dan juara III yakni ST. Guna Widya Desa Adat Kertha Jaya Pendem.

Kemudian untuk sketsa ogoh-ogoh yang menjadi juara I yakni ST. Satya Dharma Kerti Desa Pahyangan, juara II ST. Susila Karya Desa Adat Berangbang, dan juara III yakni ST. Yowana Dharma Kanti Banjar Peh Desa Adat Dharma Laksana.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Sekda Made Budiasa, Kepala Kemenag Jembrana, I Gede Sumarawan, Perwakilan Forkopimda, Kepala OPD terkait, MDA Kabupaten Jembrana, Pasikan Yowana Jembrana serta Seka Truna (ST). (rls)