Badung Komitmen Dorong Terbentuknya Ekosistem UMKM Kreatif

Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta bersama Nyonya Kristiani Suiasa saat hadir pameran produk kerajinan Inacraft On October 2023, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (4/10/2023).
Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta bersama Nyonya Kristiani Suiasa saat hadir pameran produk kerajinan Inacraft On October 2023, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi membuka pameran produk kerajinan Inacraft On October 2023, Rabu (4/10), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Inacraft 2023 diikuti oleh para pengrajin yang mengisi 772 booth di atas area seluas 18.700 meter persegi. Presiden pun berharap pameran yang bertemakan ‘From Smart Village to Global Market’ mampu mencatatkan transaksi dalam jumlah besar.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan pameran yang nilainya semakin baik dan menarik.

“Saya melihat dari tahun ke tahun pameran Inacraft ini semakin baik dan semakin menarik, karena brand-nya sudah kita kenal semua, sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Presiden menambahkan, Inacraft juga selalu menampilkan kreasi-kreasi produk kerajinan yang terbaik serta di kurasi dan diseleksi secara ketat dan selektif.

Baca Juga:  Gandeng Perpustakaan Nasional, Badung Adakan Gerakan Indonesia Membaca 

“Inacraft tahun ini, saya secara sepintas tadi mengamati, memang agak berbeda. Ambience look dan juga feel-nya juga beda, showcase dan produk-produk lebih bagus. Semuanya terisi penuh. Kalau sudah seperti itu kita harapkan pengunjung juga akan semakin banyak, harus banyak. Buyer-nya juga akan lebih banyak, dan kita harapkan omzetnya juga akan semakin baik dan semakin besar,” tambah Jokowi.

Sementara itu, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta bersama Nyonya Kristiani Suiasa sangat mengapresiasi penyelenggaraan Inacraft 2023 yang memberikan ruang khusus bagi pelaku industri kreatif di seluruh daerah untuk menampilkan karya-karya kreatifnya.

Baca Juga:  Pembangunan MRT di Kabupaten Badung Dimulai September 2024

Pihaknya optimis, kehadiran Inacraft akan bisa mendorong para generasi muda yang kreatif untuk mengeksplorasi potensinya dalam bidang industri kreatif.

“Dengan adanya wadah Inacraft ini, tentu kami di daerah khususnya di Kabupaten Badung akan terus melakukan pembinaan pendampingan sekaligus mendorong para pelaku UMKM yang bergerak di bidang industri kreatif agar terus berkarya dan mengambangkan potensi yang dimiliki agar bisa tampil dalam pameran ini. Terlebih pemerintah juga memberikan ruang khusus untuk anak-anak muda, Generasi Z untuk menampilkan karya-karya kreatifnya. Ini sebuah momentum yang baik, karena potensi anak-anak muda kita di Badung dalam bidang industri kreatif sangatlah besar,” jelasnya.

Baca Juga:  Bunda PAUD Tabanan Kenalkan Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Story Telling

Turut mendampingi Presiden Jokowi antara lain, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung beserta Ibu Hani Pramono Anung, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan. (ana)