Ada Fenomena Full Moon, BMKG Minta Waspadai Potensi Rob

Air laut pasang pada salah satu pantai di Badung.
Air laut pasang pada salah satu pantai di Badung.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan terjadinya potensi banjir rob pada 24 pesisir pantai di Bali.

Potensi banjir rob ini adanya fase bulan purnama atau full moon yang terjadi pada Sabtu (3/6/2023). Pada fase ini, bulan berada pada titik terdekat dengan bumi.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III, I Nyoman Gede Wirajaya menerangkan, fenomena full moon akan meningkat ketinggian pasang air laut pada 7-8 juni 2023.

Baca Juga:  Wabup Suiasa Hadiri HUT Ke-38 Perguruan Seruling Dewata

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, terdapat beberapa wilayah yang terkena, terutama di wilayah Tabanan dan Badung,” terang Gede Wirajaya, Sabtu (3/6/2023).

Wirajaya menambahkan wilayah pantai yang terkena dampaknya, yaitu Pantai Pasut, Pantai Kelanting, Pantai Soka, Pantai Seminyak, Pantai Jerman, Pantai Nusa Penida, Pantai Balangan, Pantai Tanah Lot.

Baca Juga:  Bupati Giri Prasta Terima Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Bali

Berikutnya Pantai Yeh Gangga, Pantai Kedungu, Pantai Batu Bolong, Pantai Nunggalan, Pantai Padang, Pantai Sindu, Pantai Sanur, Pantai Serangan, Pantai Lebih, Pantai Masceti, Pantai Kusamba, Pantai Batu Kori.

“Dari 24 pantai yang berpotensi akan naik ketinggian air laut dengan waktu yang berbeda,” terangnya

BMKG Bali mengimbau masyarakat pesisir berhati-hati terhadap potensi air laut yang pasang. (ann)