Seminar Literasi Keuangan Ramaikan Road Show Badung Muda Melek Investasi

Perwakilan anak muda Badung menghadiri seminar literasi keuangan road show Badung Muda Melek Investasi, Minggu (28/5/2023).
Perwakilan anak muda Badung menghadiri seminar literasi keuangan road show Badung Muda Melek Investasi, Minggu (28/5/2023).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Seminar literasi keuangan meramaikan road show Badung Muda Melek Investasi yang berlangsung di ruang rapat Kertha Gosana, Minggu (28/5/2023).

Pelaksanaan seminar ini bekerja sama dengan OJK, Pegadaian, BPD Bali, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (FEB Unud).

Diharapkan dalam seminar ini mampu memberikan pengetahuan tambahan terhadap pentingnya literasi keuangan.

Seminar ini diikuti 30 Guru Penggerak, 50 Forum Anak Daerah, 100 siswa SMAN 1 dan 2 Kuta Utara, dan 100 siswa dari SMPN 1 dan 2 Kuta Utara.

Seminar dengan mengangkat tema Pentingnya Perencanaan Keuangan Sejak Dini digelar Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Badung, sebagai rangkaian kegiatan Badung Education Fair 2023.

Baca Juga:  Bupati Badung Serahkan LKPD Unaudited 2023 kepada BPK RI

Seminar ini menghadirkan empat pembicara di antaranya Branch Manager PT. Pegadaian Cabang Hardys Ni Luh Yuli Wulan Artini, Kepala Bagian Edukasi & Perlindungan Konsumen (OJK) I Gusti Bagus Adi Wijaya, CFP, dari FEB Unud I Gede Nandia Oktora P. SE., M.B.A, dan Kepala Seksi Pemasaran Dana dan Jasa BPD Bali cabang Mangupura Putu Eli Desy Arisandi.

“Seminar ini untuk menyampaikan apa sih pentingnya literasi keuangan itu. Kemudian supaya kita bisa merencanakan keuangan kita sejak dini, supaya kita tidak terjerat dari investasi ilegal dan lain sebagainya. Kita bisa memanfaatkan uang kita dengan baik,” terang Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Disdikpora Badung Rai Twistyanti Raharja, Senin (29/5/2023).

Baca Juga:  Sekda Badung Resmikan Gerai Pelayanan Publik dan Radio Desa Kutuh

Menurutnya, Badung Muda Melek Investasi ini merupakan sebuah inovasi yang dimunculkan berdasarkan permintaan TPAKD dan akan digelar secara berkelanjutan.

“Kita bekerjasama dengan Forum Anak Daerah. Kita menunjuk agen literasi keuangan yang bertugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Dari program tersebut, ada subprogramnya. Ini adalah salah satu target kita, yang harus dicapai adalah untuk memberikan literasi keuangan kepada masyarakat khususnya siswa dengan guru,” ungkapnya.

Baca Juga:  Hadiri Pengukuhan Bendesa di 3 Desa Adat, Ini Pesan Bupati Jembrana

Pihaknya juga menyebutkan program ini dimulai sejak 2022. Untuk tahun ini seminar ini adalah kegiatan yang pertama dan ke depannya akan ada kegiatan serupa dengan tema yang lebih menarik lagi.

Kemudian puncak kegiatan diharapkan dapat terlaksana pada Badung Education Fair (BEF) 2023, pada Agustus.

“Kita sangat berharap bisa saling mengimbaskan. Sebenarnya peserta ini tidak dari semua sekolah di Kabupaten Badung. jadi saya harapkan setiap peserta bisa mengimbaskan kepada sodara di rumah, teman di sekolah, jadi bisa saling tahu sedikit dari kita bisa bermanfaat bagi adik-adik kita di sekolah ini,” harapnya.