Warga Tabanan Serbu Pasar Murah Bersubsidi di Kediri

Warga membeli kebutuhan pokok di Pasar Murah Kediri, Tabanan, Rabu (12/4/2023).
Warga membeli kebutuhan pokok di Pasar Murah Kediri, Tabanan, Rabu (12/4/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabanan menggelar pasar murah di Pasar Kediri, Rabu (12/11/2023). Warga terlihat antusias membeli kebutuhan pokok.

 

Kepala Disperindag Tabanan Ni Made Murjani mengatakan, sasaran pasar murah ini adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah dengan memberikan subsidi harga barang kebutuhan pokok. Disamping itu,  sebagai upaya untuk menekan terjadinya inflasi.

 

“Di pasar murah ini kami siapkan 10 bahan pokok subsidi dari pemerintah. Harga barangnya juga jauh di bawah harga pasar,” ujar Made Murjani.

Baca Juga:  Eratkan Rasa Kekeluargaan Antar Pegawai, Pemkab Tabanan Gelar Kegiatan Meliang-Liang

 

Komoditi yang dijual seperti minyak goreng, beras, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe rawit, cabe besar, beras merah dan daging ayam

 

“Setiap komoditas mendapat subsidi Rp5 ribu sampai Rp10 ribu. Seperti daging ayam yang per hari ini di pasar harganya Rp38 ribu, tetapi di pasar murah hanya Rp26 ribu,” sebut Murjani.

Baca Juga:  Baliho "Giri Prasta Bali 1" Bertebaran di Tabanan, Ini Sikap PAC Kediri

 

Demi kelancaran pasar murah, mekanisme pembelian menggunakan kupon. Setiap pembeli akan menukarkan kupon untuk mengambil barang kebutuhannya.

 

Salah seorang warga, Elda mengatakan, adanya pasar murah ini sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang tentunya jauh lebih murah dari pasaran.

 

“Kalau saya beli beras di pasar biasanya Rp60 ribu per lima kilo, tetapi disini cuma Rp48 ribu. Telur juga biasanya saya beli 10 butir harganya Rp20 ribu tetapi disini Rp15 ribu,” terangnya.

 

Baca Juga:  Nekat Menyeberangi Jembatan Sungai Yeh Matan Seltim, Dua Pengendara Motor Terseret Arus

Sementara itu, pasar murah ini akan diadakan dalam dua tahap, yaitu triwulan pertama menjelang Idul Fitri dan menjelang Hari Raya Galungan.

 

Pasar murah akan diadakan pada tiga tempat, yaitu di Pasar Kediri Rabu (12/4/2023), di Kecamatan Tabanan pada Jumat (14/4/2023) dan di Pasar Bajera, Senin (17/4/2023). (ana)