BPOM Sidak Takjil di Pasar Ramadan Tabanan, Ini Hasilnya

Petugas BBPOM Denpasar melakukan uji sampel makanan di Pasar Ramadan Banjar Tunggal Sari, Tabanan, Selasa (11/4/2023).
Petugas BBPOM Denpasar melakukan uji sampel makanan di Pasar Ramadan Banjar Tunggal Sari, Tabanan, Selasa (11/4/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar melaksanakan sidak takjil di kawasan Pasar Ramadan Banjar Tunggal Sari, Desa Dauh Peken, Tabanan, Selasa (11/4/2023).

 

Plh. Kepala BBPOM di Denpasar I Wayan Eka Ratnata mengatakan, ada 21 contoh makanan yang diambil untuk dites keamanan pangan di laboratorium mobile milik BPOM.

 

Baca Juga:  Aksi Pencurian Gabah di Desa Gubug Terekam CCTV, Polisi Selidiki Pelaku

“Makanan tersebut terdiri dari jenis takjil seperti kolak, biji mutiara, cilok, tahu bakso, bumbu rujak dan lain sebagainya. Termasuk juga bahan makanan yang menggunakan terasi, berbahan dasar ikan dan daging ayam,” ujarnya.

 

Eka menyebukan ada empat parameter yang digunakan dalam menguji keamanan pangan tersebut, diantaranya pewarna merah, pewarna kuning borax dan formalin yang digunakan dalam makanan tersebut.

 

Baca Juga:  Golkar Tabanan Sudah Siapkan 5 Calon untuk Pilkada 2024

“Dalam pengujian ini, kami tidak menemukan adanya kandungan berbahaya seperti kandungan pewarna tekstil, formalin dan borax,” tegasnya.

 

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ni Dewa Ayu Putu Sri Widyanti mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh BPOM di Kabupaten Tabanan, khususnya selama bulan puasa.

 

Ia menyebut, terkait status keamanan pangan di Tabanan,selama tahun 2023 ini masih aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Baca Juga:  DPRD Tabanan Minta Pemerintah Desa Ikut Awasi Duktang Usai Mudik Lebaran

 

“Dari pengawasan yang kami lakukan selama tahun 2023 di 10 pasar di Tabanan, kondisi pangan di Tabanan masih aman,” jelasnya. (ana)