Porsenijar Tingkat SD-SMP Tabanan Digelar di Pupuan

Tarung derajat dipertandingkan dalam Porsenijar di Lapangan Umum Padangan, Senin (13/3/2023).
Tarung derajat dipertandingkan dalam Porsenijar di Lapangan Umum Padangan, Senin (13/3/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kabupaten Tabanan kembali digelar, Senin (13/3/2023). Kegiatan dipusatkan di Lapangan Umum Padangan, Kecamatan, Pupuan.

Program nasional yang dilaksanakan setiap dua tahun ini diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabanan, Koni Tabanan, serta tokoh Kecamatan Pupuan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Gusti Putu Ngurah Darma Utama mengatakan, Porsenijar kali ini diikuti peserta didik tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Pupuan dan Selemadeg Raya (Selemadeg Barat, Selemadeg, Selemadeg Timur).

Baca Juga:  Inflasi di Kabupaten Tabanan Turun Menjadi 1,96 Persen, Terendah di Bali

“Ini menjadi Porsenijar pertama di wilayah Pupuan dan Selemadeg, sedangkan kecamatan lain akan dilaksanakan melalui kompetisi oleh pimpinan masing-masing cabor,” ujarnya.

Ngurah Darma menyebut ada tujuh cabor untuk jenjang SD dan enam cabor tingkat SMP meliputi basket, sepak takraw, futsal, atletik, sepak bola dan tarung derajat.

Nantinya, dari gelaran ini akan ada pembinaan lanjutan melalui lembaga terkait dari masing-masing satuan pendidikan.

“Contohnya bidang olahraga tentu kelanjutannya menjadi tugas KONI untuk mencetak atlet berprestasi dari usia pendidikan dasar maupun menengah agar nantinya bisa menunjukkan potensi SDM Tabanan,” kata Darma.

Baca Juga:  Angkutan Siswa Gratis Segera Dioperasikan di Tabanan, Perlu 205 Kendaraan

Selain meningkatkan kompetensi seni dan olahraga peserta didik, Porsenijar ini menjadi pertimbangan alternatif untuk menyongsong Porsenijar tingkat provinsi yang dijadwalkan pada 20-27 Juni 2023.

“Kami mengimbau supaya satuan pendidikan melaksanakan kegiatan pengembangan kesehatan, kecerdasan serta karakter peserta didik,” harapnya.(ana)