Bupati Sanjaya Sebut Hampir 95 Persen Pembangunan Infrastruktur Tuntas

Bupati I Komang Sanjaya sampaikan LKPJ dan capaian kinerja tahun 2022 pada Rapat Paripurna, Kamis (9/3/2023).
Bupati I Komang Sanjaya sampaikan LKPJ dan capaian kinerja tahun 2022 pada Rapat Paripurna, Kamis (9/3/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyampaikan,  pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tabanan pada tahun 2022 dituntaskan dengan baik.

Hal itu disampaikan Bupati Sanjaya kepada wartawan seusai Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2022 di aula sidang DPRD Tabanan, Kamis (9/3/2023).

“Saya sudah sampaikan (Rapat Peripurna) hampir 95 persen tuntas, sisanya di 2023 akan dituntaskan lagi. Tahun 2024 mudah-mudahan lagi satu persen,” kata Bupati Sanjaya.

Pada pidato di Rapat Paripurna, Bupati Sanjaya mengatakan, lima skala prioritas pembangunan, yakni sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan, Jamsostek, adat, tradisi, seni dan budaya, serta pariwisata diarahkan dalam rangka pemulihan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi setelah pandemi Covid-19. Salah satunya melalui optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

Langkah yang dilakukan dengan mengoptimalisasi potensi yang ada, dan menggali potensi baru, serta menjajaki investasi yang diharapkan dapat meningkatkan PAD.

Baca Juga:  Sidang Lanjutan Sengketa Pura Dalem, Massa Desa Adat Kelecung dan Jero Marga Geruduk PN Tabanan

Kemudian, memperbaiki sistem manajemen pengelolaan keuangan daerah berbasis IT, melakukan evaluasi dan pengawasan secara rutin dan berkesinambungan, serta memprioritaskan belanja daerah pada kegiatan-kegiatan yang mengacu kepada rencana strategis dan pengeluaran pembiayaan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur.

Sanjaya juga melaporkan realisasi APBD tahun 2022, yakni pendapatan daerah Rp1,7 triliun lebih atau 91,87 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp1,9 triliun lebih.
Realisasi belanja daerah Rp1,7 triliun lebih atau sebesar 89,98 persen dari total anggaran Rp1,9 triliun lebih. Sedangkan realisasi pembiayaan daerah Rp41 miliar lebih dari total anggaran Rp41 miliar lebih.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Upacara Pemelaspasan Alit di Padmasana Kantor Bupati

“Terjadi pelampauan penerimaan pembiayaan yang bersumber dari SILPA tahun sebelumnya dan penerimaan kembali atas pemberian pinjaman daerah,” ujar Sanjaya.

Selain itu, Sanjaya juga menyampaikan penghargaan yang telah diraih, seperti Peringkat Pemerintah Terbaik dalam pengelolaan DFDD (Dana Fisik dan Dana Desa), Piagam Penghargaan dan Apresiasi kepada Bupati atas terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental, Penghargaan Kabupaten Terbaik III atas pengelolaan Dana Desa, Penghargaan UHC, Penghargaan Opini WTP sebanyak 8 kali, 10 Besar Nasional predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022, serta Penghargaan Kabupaten dengan indeks ketahanan pangan terbaik.

Baca Juga:  Komisi I DPRD Tabanan Pantau Seleksi CASN PPPK di STIKOM Bali

“Capaian ini merupakan kerja bersama dari seluruh pihak terkait di jajaran Pemkab Tabanan. Semoga kerjasama dan sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan guna membangun Kabupaten Tabanan yang kita cintai, demi terwujudnya Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” ucap Sanjaya.

Sementara itu, pada Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga dihadiri Wakil Bupati I Made Edi Wirawan, jajaran Forkopimda, Sekda, para Asisten dan OPD. (ana)