Dianggarkan Rp3,5 Miliar, Diskominfo Tabanan Tambah 88 Titik WiFi Gratis  

Layanan WiFi gratis di Lapangan Alit Saputra Tabanan.
Layanan WiFi gratis di Lapangan Alit Saputra Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Tabanan akan menambah persebaran WiFi gratis di 88 titik tersebar di beberapa fasilitas umum, desa wisata, tempat peribadatan.

 

Dengan adanya penambahan ini, total persebaran WiFi gratis di wilayah Tabanan menjadi 481 titik. Sebelumnya, pemasangan WiFi di 393 titik. Rinciannya, 349 titik di desa adat, 20 puskesmas dan 25 tempat wisata.

 

Baca Juga:  Polisi Ungkap Identitas Tujuh Pelaku Penganiayaan di Desa Nyambu

Kepala Diskominfo I Putu Dian Setiawan mengatakan, penambahan WiFi ini merupakan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali dari program Bali Smart Island (BSI) tahun 2023.

 

“Rencananya di tiap titik akan ada penambahan bandwith dari 20 Mbps menjadi 30 Mbps,” kata I Putu Dian Setiawan, Rabu (8/3/2023).

 

Dian Setiawan menjelaskan, penambahan jumlah titik WiFi gratis diprioritaskan untuk menunjang pemantauan harga barang di sejumlah pasar umum dengan aplikasi Sigapura dan penerapan transaksi non tunai menggunakan QRIS.

Baca Juga:  Menjelang PPDB, Komisi IV DPRD Tabanan akan Koordinasi dengan Disdik

 

“Kami juga memberikan akses WiFi ke desa-desa wisata untuk mendukung program e-ticketing dan juga peningkatan keamanan dengan CCTV di beberapa areal suci (pura),” ujar mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Tabanan ini.

 

Anggaran BKK untuk penambahan 88 titik WiFi gratis ini senilai Rp3,5 miliar.

 

“Saat ini masih proses survei dan penarikan kabel. Pertengahan tahun ini ditargetkan  sudah terpasang semua,” ungkapnya. (ana)