Aksi Sosial Bupati Eka Kepada Warga Flobamora di Tabanan

TABANAN – Pantaubali.com – Meski ditengah Pandemi Covid-19, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti tidak surut-surut melakukan aksi sosial ketengah masyarakat, tidak saja ke masyarakat Tabanan. Akan tetapi,aksi tali kasih juga menyasar warga luar Tabanan khususnya yang telah menetap sekian tahun di Tabanan. Seperti misalnya, menyasar warga Flobamora (Flores, Sumba, Timor dan Alor) Kabupaten Tabanan.

Yang dilakukan pada Kamis,(11/6) di Kantor Bupati, Kabupaten Tabanan. Adapun beberapa bantuan diberikan yaitu berupa 200 Sembako dari dompet peduli Covid-19,1000 bibit terdiri dari sayur-sayuran dan bibit Jamu serta 200 masker diserahkan kepada paguyuban Flobamora Kabupaten Tabanan.

“Ya, hari ini saya membagikan sembako, bibit dan masker khususnya kepada saudara di paguyuban Flobamora Kabupaten Tabanan,” jelasnya.

Baca Juga:  Warung di Kerambitan Dibobol Maling Saat Ditinggal Mudik, 25 Tabung Gas 3 Kg Raib

Dalam kondisi seperti saat ini ada tiga prinsif penting perlu diperhatikan, Pertama bagaimana memikirkan ketahanan pangan. Bagaimana masyarakat dapat memilih kebutuhan sehari- hari minimal untuk keluarganya.

“Sayur tidak beli, meraka bisa tanam di rumah itu bisa disebut family farming.Intinya petani kita tidak berhenti bercocok tanam,jangan sampai semua orang sibuk ngurusin Corona,jadi siapa yang tanam sayur,siapa yang ternak ayam. Jangan sampai tidak ada yang kita makan nantinya,” jelasnya.

Untuk itu kesinambungan harus dijaga makanya persediaan pupuk,persediaan bibit harus dipikirkan di Kabupaten Tabanan,termasuk panen-panen yang belum terambil juga diambil. Sehingga, masyarakat bisa semangat terus berproduksi.

“Kalau petani sudah tidak berproduksi,tentu akan sangat berbahaya bagi ketahan pangan kita, terutamanya Tabanan khususnya dan Bali umumnya. Misalnya, Denpasar yang tidak memiliki banyak lahan sehingga, kalau petani Tabanan tidak berproduksi dari mana sayuran di kota Denpasar datangnya, masak harus import,” paparnya.

Baca Juga:  PDIP Tabanan Usulkan Koster-Ace dan Koster-Giri dalam Pilgub Bali 2024

Selanjutnya yang kedua, adalah ketahan imunitas masyarakat penting diperhatikan karena, sepanjang faksinnya belum ada berarti masyarakat harus sehat.Tentu dengan cara paling murah mengkonsumsi produk berupa jamu.Seperti orang tua dahulu, antibodinya kuat karena prodak yang dikonsumsi alami. Misal, seperti jamu tinggal rebus siap langsung dikonsumsi serta bisa tanam sendiri dipekarangan.

“Untuk itu kita akan buat gerakan gemar minum jamu,cinta jamu,” ucapnya.

Kemudian ketiga adalah, ketahanan mental juga harus dijaga,keseimbangan hati perlu dijaga karena motivasi-motivasi itu penting. Sehingga, harus memberi suport jangan sampai generasi penerus menjadi generasi tidak mau berjuang,tidak mau mencari solusi dan jangan mikir gengsi. Asal mau berjuang semua padti bisa terjadi.

Baca Juga:  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Bale Saka 6 Milik Warga Desa Sembung Gede Ludes Terbakar

“Ketahanan mental ini harus dijaga, jangan sampai menjadi orang yang putus asa,dan mengambil jalan yang salah,” terangnya.

Dalam kesempatan teresebut Ketua Umum Flobamora Kabupaten Tabanan,Paskalis Bolisabon menyampaikan, ucapan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan Bupati Tabanan khususnya kepada warga Flobamora Kabupaten Tabanan.

“Kami sangat bersyukur adanya bantuan ini, yang mana bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya yang terdampak Covid-19 ini,” tutupnya.